Mengenal Teknologi Lossless Audio di Smartphone Android, Apa Gunanya?

Senin, 06 September 2021 - 10:54 WIB
loading...
Mengenal Teknologi Lossless Audio di Smartphone Android, Apa Gunanya?
Tak lama lagi audio lossless akan menjadi standar baru untuk menikmati musik lewat smartphone. Foto: ist
JAKARTA - Dulu Lossless Audio hanya diminati oleh penggila audio saja. Tapi, kini Qualcomm berupaya membawa kualitas audio terbaik itu lewat smartphone dan ekosistem yang melengkapinya.

Lossless Audio adalah musik tanpa kompresi. Sehingga kualitasnya maksimal. Bahkan, bisa sangat mirip dengan kualitas rekaman musik di studio. Disebut-sebut lebih baik dari kualitas CD.

BACA JUGA: Cepat Hapus 8 Aplikasi Ini, Karena Disusupi Virus Joker dan Bisa Curi Uang Anda

Sebenarnya sekarang pun Lossless Audio sudah bisa di akses secara streaming. Misalnya lewat aplikasi seperti Tidal. Meski, streaming via jaringan seluler Audio Lossless akan memakan kuota data jauh lebih besar. Sementara mengunduhnya di ponsel juga mengurangi kapasitas memori internal.



Meski demikian, Juni lalu, Apple lewat gelaran acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 menegaskan bahwa mereka sekarang fokus pada fitur Lossless Audio. Pelanggan Apple Music, misalnya sudah bisa mengakses fitur itu.

iPhone, iPad, dan Mac juga sudah mendukung fitur lossless audio 24-bit/48kHz dan kualitas 48-bit/192kHz.

Tak lama, Qualcomm pun mengenalkan teknologi Qualcomm Snapdragon Sound global di New York City awal pekan ini. Mereka menggandeng 30 OEM. Termasuk Xiaomi, Edifier and Master & Dynamic, serta Smartphone for Snapdragon Insiders yang dirancang oleh Asus.

Apa artinya? Artinya fitur Lossless Audio ini akan menjadi standar baru untuk mendengarkan musik untuk pengguna lebih luas.

Apalagi, Qualcomm juga menghadirkan Qualcomm aptX Lossless untuk mendukung transmisi CD lossless audio melalui konektivitas nirkabel Bluetooth sebagai fitur Snapdragon Sound.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE