Inilah Platform Online yang Paling Dikhawatirkan Pengguna Soal Privasi

Rabu, 01 September 2021 - 19:50 WIB
loading...
Inilah Platform Online yang Paling Dikhawatirkan Pengguna Soal Privasi
Para peneliti menganalisis layanan dan platform mana yang petunjuk pengaturan keamanannya (security setting instructions) paling banyak dibuka oleh pengguna.
A A A
JAKARTA - Penelitian Kaspersky mengeksplorasi layanan dan platform mana yang paling dikhawatirkan oleh pengguna terkait privasi dan keamanan data pribadi.

Datanya diperoleh berdasarkan data anonim pada kunjungan ke situs web Kaspersky Privacy Checker antara Desember 2019 hingga Agustus 2021.



Para peneliti menganalisis layanan dan platform mana yang petunjuk pengaturan keamanannya (security setting instructions) paling banyak dibuka oleh pengguna.

"Statistik pengunjung dalam proyek Privacy Checker menunjukkan bahwa pengguna mulai menaruh minat aktif pada privasi dan keamanan akun mereka dan berusaha mengurangi jejak digital jika memungkinkan," ujar Sergey Malenkovich, kepala media sosial di Kaspersky, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9).

Di antara paling banyak permintaan privasi yang paling populer adalah pengaturan Google di Android 11,1 persen, aturan keamanan untuk OS Android 7,3 persen, dan pengaturan WhatsApp di Android 5,9 persen.

Sedangkan untuk jejaring sosial, pengguna paling sering melihat halaman keamanan Facebook di berbagai platform 15,7 persen. Instagram adalah jejaring sosial kedua yang paling banyak ditinjau dalam hal jumlah permintaan untuk pengaturan privasi 9,9 persen.

TikTok menempati posisi ketiga dengan 8,1% pangsa permintaan untuk pengaturan keamanan. IIni wajar, mengingat pengguna aktif bulanannya empat kali lebih kecil dari Facebook, 689 juta berbanding 2,9 miliar pengguna.



"Tingginya pangsa permintaan kebijakan keamanan TikTok menunjukkan minat pada platform itu sendiri dan sekaligus kekhawatiran pengguna tentang beberapa praktik pengumpulan data mereka, yang baru-baru ini disorot di media." kata Sergey.

Di antara layanan messenger, pengguna paling menaruh perhatian terhadap tingkat keamanan WhatsApp - pangsa permintaan tentang kebijakan keamanannya adalah 13,9%.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)