Apple Disorot karena Izinkan Anak-anak Akses Aplikasi Khusus 17+

Kamis, 26 Agustus 2021 - 22:01 WIB
loading...
Apple Disorot karena Izinkan Anak-anak Akses Aplikasi Khusus 17+
Berdasarkan investigasi Tech Transparency Project (TTP), diketahui kalau App Store memberi akses akun anak berusia 14 tahun ke aplikasi yang diberi peringkat 17+. Foto/dok
A A A
LONDON - App Store yan merupakan salah satu aplikasi di Apple mendapat srotan karena memiliki celah dalam melindungi anak-anak. Berdasarkan investigasi Tech Transparency Project (TTP), diketahui kalau App Store memberi akses akun anak berusia 14 tahun ke aplikasi yang diberi peringkat '17+'.

Dilansir The Guardian, Kamis (26/8/2021), TTP melakukan investigasi membuat akun pengguna dengan tanggal lahir pada Februari 2007, kemudian diuji untuk melihat seberapa baik kebijakan Apple diterapkan. Kelompok tersebut menemukan bahwa, meskipun pengguna menyatakan diri hanya berusia 14 tahun, mereka dapat mengunduh aplikasi seperti "Eros: Hook Up & Obrolan Dewasa" dan "KinkD: Kink, BDSM Dating Life" dari App Store.



Kedua aplikasi ditandai sebagai "17+" oleh sistem peringkat usia Apple, tetapi ketika pengguna di bawah umur mencoba mengunduhnya, mereka hanya disajikan dengan pemberitahuan pop-up yang meminta mereka untuk "ketuk OK untuk mengonfirmasi bahwa Anda berusia 17 tahun atau lebih.”

Sekali lagi, meskipun Apple mengetahui usia pengguna yang terlibat, TTP menemukan total 37 aplikasi yang ditujukan untuk orang dewasa yang memungkinkan pengguna di bawah umur untuk masuk dengan akun iCloud mereka dan segera mengakses konten dewasa.

"Penyelidikan mengungkapkan lubang besar dalam langkah-langkah keamanan anak App Store, menunjukkan betapa mudahnya bagi remaja muda untuk mengakses aplikasi dewasa yang menawarkan kencan, obrolan acak, seks bebas dan perjudian, bahkan ketika Apple tahu pengguna masih di bawah umur," kata organisasi dalam laporannya tentang Apple.



“Hasilnya merusak janji Apple bahwa App store-nya adalah 'tempat yang aman untuk anak-anak' dan menolak aplikasi yang melampaui batas - terutama ketika membahayakan anak-anak," katanya.

Apple menolak mengomentari laporan tersebut, tetapi seorang juru bicara mengarahkan Guardian ke fitur kontrol orang tua perusahaan. Di sana, orang tua dapat memilih aplikasi apa yang dapat diunduh anak-anak dan memastikan mereka hanya dapat membeli atau mengunduh aplikasi yang sesuai untuk mereka.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)