Hati-hati Resiko yang Bisa Terjadi Jika Gunakan WiFi Publik

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 13:00 WIB
loading...
Hati-hati Resiko yang Bisa Terjadi Jika Gunakan WiFi Publik
Penggunaan wifi di tempat umum yang gratis perlu Anda waspadai guna tidak terjadi kejahatan di dunia maya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - WiFi publik memang sangat praktis dan bermanfaat, tapi sayangnya jaringan tersebut tidak selalu aman. Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (21/8/2021), mengungkap teknik kejahatan di dunia maya yang bisa terjadi saat menggunakan Wi-Fi publik.

Sederhananya, jika terhubung ke WiFi publik, bukan tidak mungkin terjadi pencurian data. Karena saat mengunakan WiFi publik terjadi transfer data begitu banyak informasi berharga melalui Internet.



Dan jika penjahatan siber mendapatkan data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan sebagainya, mereka mampu melakukan pemerasan pada tabungan dan membajak akun milik pengguna.

Lebih parahnya jika terhubung ke jaringan yang tidak aman dari perangkat kerja, maka rahasia bisnis perusahaan mungkin juga dapat berakhir di tangan yang salah.



Bila berhasil mereka juga dapat melakukan, misalnya, menyamar sebagai diri dan mendistribusikan spam atau mengekstrak uang dari kenalan Anda.

Bahkan dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan siber dapat secara diam-diam menginfeksi perangkat dengan malware, yang masih akan tetap ada walaupun sambungan dari hotspot berbahaya tersebut telah terputus.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6585 seconds (0.1#10.140)