Tiga Operator Sediakan Jaringan 5G, Indosat Ooredoo: Ini Bukan Persaingan

Kamis, 19 Agustus 2021 - 23:04 WIB
loading...
Tiga Operator Sediakan Jaringan 5G, Indosat Ooredoo: Ini Bukan Persaingan
Indosat Ooredoo melihat kehadiran 5G bukan menjadi pintu persaingan baru bagi para operator ke depannya. Foto/dok
JAKARTA - Meski implementasinya belum masif, tetapi jaringan 5G sudah mulai masuk ke Indonesia. Ada tiga operator seluler Tanah Air yang resmi menyediakannya, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo , dan XL Axiata.

Kendati demikian, Indosat Ooredoo melihat kehadiran 5G bukan menjadi pintu persaingan baru bagi para operator ke depannya.

BACA: Setelah Telkomsel, Kini Indosat Ooredoo Resmi hadirkan 5G di Indonesia

"Kami tidak melihat 5G sebagai pintu persaingan, tapi menjadi transformasi Indonesia di masa depan," tegas SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, kepada awak media secara virtual, Kamis (19/8/2021).



Steve menjelaskan, Indosat Ooredoo masih berkomitmen untuk menjadikan 4G sebagai backbone di Indonesia. Provider kuning ini tetap dengan keinginannya untuk memeratakan kehadiran 4G di Tanah Air.

Sebab menurut Indosat Ooredoo , hadirnya 5G di Indonesia akan lebih fokus pada penggunaan di industri yang menjadi penopang perekonomian nasional. "Indonesia akan maju jika industri maju. Industri bisa maju dengan penggunaan 5G," tambah Steve.

Steve juga memaparkan, dalam waktu dekat Indosat Ooredoo akan meluncurkan jaringan 5G komersial di Jakarta dan Surabaya. Targetnya para pelaku industri di dua kota ini bisa merasakan manfaatnya. "Kalau 5G digunakan sebesar-besarnya oleh industri, ekonomi Indonesia akan maju," ujarnya.

BACA JUGA: Fisikawan Capai Terobosan Baru Fusi Nuklir, Bisa Jadi Sumber Energi Baru

Di sisi lain, Indosat Ooredoo juga berkomitmen terus mempercepat fiberisasi jaringan 5G miliknya. Namun, Steve mengaku tak bisa menyebutkan target perluasan fiberisasi tersebut, karena bergantung pada kesiapan industri di kota tersebut.

"Sebelum hadir kita akan berdiskusi dulu dengan penggunanya. Misalnya pabrik di Karawang, kita akan datang ke pabrik itu dan menawarkan 5G. Hal-hal itu yang akan menjadi target fiberisasi," tandas Steve.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE