Telkomsel Hadirkan Layanan IoT Envion untuk Sistem Monitoring Energi

Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
Telkomsel Hadirkan Layanan IoT Envion untuk Sistem Monitoring Energi
Telkomsel meluncurkan layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion). Foto/dok
A A A
JAKARTA - Telkomsel meluncurkan layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion). Layanan ini menjadi sebuah solusi berbasis artificial intelligence (AI) yang bermanfaat untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menyampaikan, Telkomsel IoT Envion merupakan solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi.



Telkomsel IoT Envion dilengkapi berbagai fitur yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi. "Sistem monitoring energy dengan AI untuk mendukung operasional perusahan. Solusi ini menyasar energi manajemen sistem," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (12/8/2021).

Telkomsel IoT Envion dapat memberikan peringatan serta memiliki fungsi sistem mitigasi, sehingga konsumsi energi tetap dapat dioptimalkan oleh perusahaan apabila terjadi kerusakan pada genset atau cadangan baterai.

Untuk tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra dalam mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna.

Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkominfra sendiri, Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center Telkominfra yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.



Berkat dukungan ragam fitur yang akan selalu memberi peringatan dan mengoptimalkan sistem cadangan baterai apabila terdapat gangguan pada sistem tenaga listrik yang mengancam Data Center.

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)