Limit dan Hidden Words, Fitur Baru Instagram untuk Hindari Ujaran Kebencian

Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:05 WIB
loading...
Limit dan Hidden Words, Fitur Baru Instagram untuk Hindari Ujaran Kebencian
Dua fitur keamanan baru Instagram bisa melindungi penggunda dari kata-kata kasar dari pengguna lain baik di komentar ataupun DM. Foto: dok Instagram
A A A
JAKARTA - Tidak hanya kolom komentar, direct message (DM) di Instagram juga jadi ruang bagi warganet untuk melakukan perundungan. Dan ini sering sekali terjadi. Terutama jika melibatkan figur publik atau siapapun yang tiba-tiba viral karena kejadian tertentu.



Karena itu, Instagram mengambil langkah preventif. Yakni memberi kemampuan kepada pengguna untuk membatasi komentar dan permintaan DM saat menerima lonjakan komentar dan DM secara tiba-tiba. Fitur ini disebut ”Hidden Words”. ”Kami rilis fitur ini secara global, agar pengguna bisa menyaring permintaan DM yang mengandung kata-kata kasar maupun tidak diinginkan,” beber Adam Mosseri, Head of Instagram.

Menurut Adam, langkah ini dilakukan untuk meminimalisir ujaran kebencian (hate speech) atau perundungan (bullying) di Instagram. ”Kami akan menghapus konten tersebut jika menemukannyam” ungkapnya.

Nah, berikut beberapa fitur baru Instagram yang akan berguna untuk menghindari perundungan atau ujaran kebencian:

Limits (Batas)
Fungsinya membatasi komentar dan DM yang tidak diinginkan. Terutama untuk mengantisipasi lonjakan komentar dan DM yang tidak diinginkan.

Limits otomatis menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari akun yang tidak mengikuti akun Instagram Anda, atau akun yang baru saja mengikuti Anda.

Misalnya, ini terjadi ketika seorang atlet menjadi viral setelah memenangkan medali Olimpiade.

Terkadang hal tersebut diikuti lonjakan komentar dan pesan yang tidak diinginkan ”Fitur ini diciptakan sebagai bentuk dukungan kami terhadap atlet tersebut guna melindungi pengalamannya di Instagram,” ujar Adam.

Banyak pengalaman negatif yang diterima oleh figur publik berasal dari akun yang tidak mengikuti mereka, akun yang baru saja mengikuti mereka, atau akun yang tiba-tiba muncul di momen tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)