iPhone Kuasai 41% Pendapatan Penjualan Smartphone Kuartal Terakhir

Rabu, 04 Agustus 2021 - 18:03 WIB
loading...
iPhone Kuasai 41% Pendapatan Penjualan Smartphone Kuartal Terakhir
Ilustrasi pengguna Apple. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Laporan soal merek smartphone yang unggul dalam penjualan terbanyak memang banyak dinanti. Namun perlu diingat bisnis smartphone tak hanya soal penguasaan pasar saja, tapi juga jumlah total pendapatan.

Dalam hal ini, iPhone menjadi penguasa transaksi uang dari penjualan smartphone di seluruh dunia. Di antara merek lainnya iPhone menyumbang bagian besar yakni 41 persen untuk kuartal Juni dari total transaksi penjualan smartphone. BACA JUGA - Varian Delta Meletus, China Akui Lebih Ganas dari COVID-19 Wuhan

Angka ini naik dari 34 persen pada dua belas bulan sebelumnya. Tapi jika dibandingkan dengan kuartal pertama, pangsa pasar Apple turun satu poin persentase.

Mengutip laman Phone Arena, Rabu (4/8/2021). lembaga riset Counterpoint mengaitkan kesuksesan iPhone yang berkelanjutan ini dengan tingginya permintaan seri iPhone 12 dan manajemen rantai pasokan Apple yang apik selama kuartal tersebut.

Di saat merek smartphone lain terkena dampak kekurangan chip global, Apple tidak terpengaruh.

Sementara di posisi kedua ada Samsung dengan nilai transaksi 15 persen dari total transaksi penjualan pada kuartal kedua 2021. Raksasa Korea Selatan itu mengalihkan fokusnya ke smartphone premium di wilayah seperti AS di mana terdaat masalah pasokan, yang berarti mereka memaksimalkan potensi pendapatannya dalam situasi yang buruk.

Counterpoint mengklaim bahwa Samsung juga melakukan diversifikasi portofolio di Eropa, serta India dan Amerika Tengah dan Latin.

Posisi selanjutnya ada Xiaomi dengan nilai transaksi 9 persen dari total transaksi. Xiaomi masih sangat bergantung pada smartphone murah. Tapi dengan peningkatan permintaan untuk smartphone kelas menengah di Eropa dan Asia Tenggara memberikan dorongan yang bagus untuk pendapatan secara keseluruhan.

Secara keseluruhan berdasarkan riset Counterpoint nilai total transaksi penjualan smartphone pada kuartal kedua 2021 mencapai angka USD 96 miliar.

Angka ini meningkat 25 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun angka ini turun jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)