Waspada 5 Penipuan Siber Berkedok Olimpiade Tokyo 2020

Senin, 02 Agustus 2021 - 08:31 WIB
loading...
Waspada 5 Penipuan Siber Berkedok Olimpiade Tokyo 2020
Olimpiade Tokyo 2020. FOTO/ IST
JAKARTA - Perhatian dunia sedang berpusat pada Olimpiade Tokyo 2020. Sempat tertunda, akhirnya olimpiade kelas dunia ini terlaksana juga.

Namun perlu waspada sebab momen tersebut jadi peluang kejahatan siber melancarkan aksinya. Pandemi virus Covid-19 membuat pesta olahraga antar negara itu dilakukan tanpa penonton. Alhasil, masyarakat menyaksikannya secara online.

Para pelaku kejahatan siber tidak akan kehabisan akal dalam memanfaatkan euforia menonton Olimpiade 2020 ini dengan meluncurkan berbagai skema penipuan online. BACA JUGA - Pelajar Ini Gocek Alat PCR dan Tes Swab Cuma Pakai Jus Buah

Pakar Kaspersky akhirnya menganalisis situs web phishing terkait Olimpiade yang dirancang untuk mencuri kredensial pengguna. Sebagai hasil, peneliti Kaspersky menemukan berbagai skema terkait penipuan olimpiade palsu. Dilansir dari keterangan tertulis, Mingu (1/8/2021), berikut ini 5 skema phising yang terjadi di tengah Olimpiade Tokyo 2020

1. Live Streams



Para ahli Kaspersky menemukan berbagai halaman phishing yang menawarkan streaming Olimpiade. Beberapa dari mereka bahkan meminta orang untuk mendaftar sebelum menonton. Biasanya di halaman phishing seperti itu, setelah pengguna memasukkan kredensial akan diarahkan ke halaman yang mendistribusikan file berbahaya yang berbeda.

Selain menginstal malware di perangkat mereka melalui file semacam itu, para pengguna juga diminta mengirimkan informasi identitas pribadi ke tangan yang tidak dapat dipercaya. Setelah itu, scammers mulai dapat menggunakan data tersebut untuk tujuan berbahaya atau menjualnya di Dark Web.

2. Tiket palsu

Meskipun tidak ada acara yang diadakan dengan penonton secara langsung tahun ini, para penipu online tetap tidak berhenti untuk mencoba peruntungannya, seperti menjual tiket acara offline. Entah bagaimana skema tersebut masih efektif. Pakar Kaspersky juga menemukan halaman yang menawarkan pengembalian uang untuk tiket yang sudah dibeli.

3. Entitas terkait olimpiade
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE