Kominfo Manfaatkan TikTok Tingkatkan Produksi Konten Kreatif

Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:00 WIB
loading...
Kominfo Manfaatkan TikTok Tingkatkan Produksi Konten Kreatif
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ingin menghadirkan berbagai konten kreatif di sosial media yang positif buat masyarakat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memanfaatkan aplikasi yang tengah naik daun, yaitu TikTok. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas komunikasi publik.

Menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Bambang Gunawan, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama menjaga ruang digital agar tetap bersih dan konten-konten negatif.

Kominfo pun mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan konten TikTok yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi-produksi konten kreatif masyarakat.



“Pemanfaatan aplikasi media sosial sebagai bagian dari komunikasi publik, melalui workshop ini (coaching pembuatan konten TikTok), diharapkan masyarakat turut aktif menghadirkan konten-konten positif guna menangkis konten negatif dan hoaks,” ujar Bambang dalam keterangan tertulis.

Kegiatan pelatihan pembuatan konten TikTok ini dinamai Bengkel Digital Teras Negeriku: “Riding The Wave: Tiktok Content”. TikTok dipilih karena menjadi salah satu platform medsos yang paling digemari.

“Indonesia merupakan pengguna TikTok terbesar ke - 4 di dunia. Aplikasi TikTok memberikan kemudahan bagi content creator memberikan pesan dan berkreasi lewat video singkat,” ujar Gunawan.

Dalam ketarangan yang sama Marinanda Azahra Muhibah, seorang Content Creator TikTok berbagi tips dalam membuat konten TikTok yang kreatif.

Menurutnya, TikTokers (sebutan untuk pengguna TikTok) harus membuat konten yang bernilai positif, bermanfaat dan memberikan motivasi bagi penontonya. Membuat konten yang viral tidak harus konten negatif.

“Justru jadi content creator itu akan lebih memuaskan jika mendapatkan komentar yang positif dari netizen, Manfaat TikTok buat masyarakat, selain menghibur juga bisa menjadi sumber pengetahuan,” kata Marinanda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)