Pilih Perangkat Pintar Sebagai Solusi Hunian Cerdas

Jum'at, 30 Juli 2021 - 10:28 WIB
loading...
Pilih Perangkat Pintar Sebagai Solusi Hunian Cerdas
Ilustrasi penggunaan perangkat pintar di rumah. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Istilah smarthome atau hunian cerdas belakangan mendapat banyak sorotan di Indonesia. Sederhananya, smarthome ini dapat diartikan sebagai rumah yang didalamnya terdapat peralatan rumah tangga yang terintegrasi dengan teknologi.

Mengulas balik istilah smarthome yang belum populer di Indonesia, karena masih kalah populer sebelumnya dengan yang namanya smartphone. Secara umum bisa dikatakan diantara kita masih merasa khawatir jika harus pergi keluar rumah seharian dikarenakan lupa mematikan lampu atau peralatan elektronik lainnya. Akibatnya, pengguna harus segera kembali ke rumah dan memastikan secara manual bahwa perangkat tersebut sudah benar-benar mati.

Di zaman yang semakin modern dituntut untuk serba digital, kini pengguna bisa mengendalikan peralatan dirumah secara mudah dan nyaman dengan bantuan perangkat pintar. Sebut saja lampu pintar, kamera pengaman, bel pintar, hingga peralatan rumah tangga seperti AC, mesin cuci, kulkas, kompor listrik, air purifier, dan masih banyak lagi.

Dalam mengaplikasikan perangkat canggih ke dalam rumah, pengguna bisa memulainya dari hal-hal yang paling sederhana yang diperlukan di dalam rumah. Misalnya, menggunakan lampu pintar yang hemat energi sebagai penerangan di rumah, atau membuat seluruh peralatan elektronik di rumah senantiasa terkontrol, terkoneksi dan terintegrasi. Lampu pintar (smart bulb) atau steker cerdas (smart plug) dapat menjadi solusi pilihan yang tepat merupakan perangkat elektronik yang mendasar diperlukan di dalam rumah.

Terlebih, menurut laporan Statista, sebanyak 19% masyarakat Indonesia telah memiliki perangkat smarthome dengan alasan untuk kemudahan, keselamatan dan kenyamanan. Laporan ini semakin menunjukan bahwa sejatinya banyak masyarakat di Indonesia yang saat ini sedang mencari kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat smarthome.

“Di era serba connected ini, kami sadar bahwa pengguna bisa memanfaatkan teknologi dengan mengaplikasikan produk smarthome dari yang paling basic yang wajib ada di dalam rumah. Pengaplikasian smart bulb dan smart plug akan menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna kami yang menginginkan kemudahan, keselamatan dan kenyamanan di dalam rumah. Melalui EZVIZ LB1 Smart Color dan White Bulb, serta EZVIZ T30 Smart Plug kami harap pengguna dapat melakukan segala aktivitas dalam satu genggaman saat mereka ada di luar rumah atau ruangan yang berbeda. Dengan demikian mereka akan merasa nyaman berkat dukungan perangkat smarthome ini.” ujar Howard Yoeng - Country Manager EZVIZ Indonesia.

Howard menjelaskan bahwa EZVIZ LB1 dan EZVIZ T30 dapat dioperasikan melalui aplikasi EZVIZ yang sudah terinstall di smartphone. Perangkat smarthome andalan dari EZVIZ ini dapat dikontrol menggunakan bantuan perintah suara seperti Google Assistant atau Amazon Alexa. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika merasa terlalu sibuk dapat dengan mudah memberikan perintah untuk menyalakan atau mematikan perangkat dimana saja dan kapan saja.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)