Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis Captcha

Rabu, 28 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis Captcha
Captcha. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Jika sedang mengisi suatu form atau apapun itu di internet, kerap kali ditemui Captcha dengan berbagai jenis.

Lalu apasih Captcha itu? Fungsinya untuk apa? BACA JUGA - Mayoritas Pengguna Internet Yakin Asal-Usul COVID-19 Penuh Permainan
Dilansir dari unggahan Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rabu (28/7/2021), Captcha merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart.

Captcha merupakan teknologi yang bermula dari tes sederhana untuk mebedakan antara robot atau mesin dan pengguna manusia asli.

Sistem keamanan siber ini memberikan pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh manusia. Kurang dari 0.1 persen kemungkinan robot atau mesin bisa mengelabui sistem ini.

Sementara lebih dari 80 persen manusia bisa mengerjakannya.

Captcha berfungsi untuk mencegak komentar spam pada situs atau blog. Sistem ini juga bisa menyaring komentar palsu, membatasi pembuatan atau registrasi akun palsu, dan melindungi diri dari serangan pencurian akun.

Captcha terdiri dari beberapa jenis, ada yang berupa tulisan "I'm not a robot", berupa picture recognition Captcha, Tect Captcha.

Ada juga jenis Matcha Captcha, Slide Cpatcha, dan 3D Captcha.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)