Canggih, WhatsApp Memungkinkan Pengguna Mengirim Pesan Tanpa Ponsel

Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:11 WIB
loading...
Canggih, WhatsApp Memungkinkan Pengguna Mengirim Pesan Tanpa Ponsel
WhatsApp sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa menggunakan ponsel. Foto/dok
A A A
JAKARTA - WhatsApp sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa menggunakan ponsel mereka untuk pertama kalinya. Saat ini, WhatsApp web memerlukan hubung ke telepon untuk menerima dan mengirim pesan.

Tak hanya itu, bahkan ketika baterai ponsel Anda mati masih bisa mengirim pesan melalui WhatsApp.



Saat ini WhatsApp masih meningkatkan kinerja dan menambahkan fitur sebelum mengaktifkannya untuk semua orang.

Fitur baru WhatsApp ini bisa dibilang sudah tertinggal oleh saingannya 'Signal' yang bisa mengirim dan menerima pesan tanpa ponsel. Namun karena pengguna SIgnal masih sedikit, fitur tersebut belum banyak dikenal orang.

Dalam sebuah posting blog yang mengumumkan langkah tersebut, para insinyur Facebook mengatakan bahwa perubahan tersebut membutuhkan "pemikiran ulang" dari desain perangkat lunak WhatsApp.

Itu karena versi WhatsApp saat ini menggunakan aplikasi smartphone sebagai perangkat utama, satu-satunya perangkat yang mampu mengenkripsi pesan end-to-end untuk pengguna lain [atau] memulai panggilan.



" WhatsApp Web dan aplikasi non-smartphone lainnya pada dasarnya adalah "cermin" dari apa yang terjadi di telepon," kata perusahaan.

Tetapi sistem itu memiliki kelemahan signifikan yang akrab bagi banyak pengguna biasa, karena aplikasi web diketahui sering terputus ketika ponsel kehabisan baterai.

"Arsitektur multi-perangkat WhatsApp yang baru menghilangkan kendala ini, tidak lagi membutuhkan smartphone untuk mengirim dan menerima pesan sambil tetap menjaga data pengguna tersinkronisasi dengan aman," kata perusahaan itu.



Pada tingkat teknis, solusinya memberi setiap perangkat "kunci identitas" sendiri, dan WhatsApp menyimpan catatan kunci mana yang dimiliki oleh akun pengguna yang sama. Itu berarti tidak perlu menyimpan pesan di servernya sendiri, yang dapat menyebabkan masalah privasi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8089 seconds (0.1#10.140)