Palsu, Ahli Sebut Aplikasi Saturasi Oksigen untuk Curi Sidik Jari

Selasa, 13 Juli 2021 - 21:11 WIB
loading...
Palsu, Ahli Sebut Aplikasi Saturasi Oksigen untuk Curi Sidik Jari
Aplikasi Saturasi Oksigen aplikasi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Belakangan banyak muncul aplikasi yang mengklaim dapat menjadi alat pengukur saturasi oksigen atau oksimeter.

Pakar IT sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Budi Rahardjo mengatakan bahwa aplikasi oksimeter adalah aplikasi fake atau palsu yang hanya bertujuan untuk mencuri sidik jari pengguna. BACA JUGA - Ilmuwan WHO Pastikan Bahaya! Suntikan Berbagai Merek Vaksin untuk 1 Orang

Pasalnya, aplikasi tersebut akan meminta pengguna untuk menempelkan sidik jari ke handphone. Kemudian bukannya saturasi oksigen dapat terukur, tapi aplikasi malah mencuri identitas pengguna lewat sidik jari.

"Jadi aplikasinya bukan aplikasi oksimeter ya tapi aplikasi fake yang dimana dia minta jari kita abis itu jari kita dicurinya, kemudian di tempel di kamera," ujar Budi dalam talkshow Ancaman Multidimensi Serangan Siber Era Pandemi yang digelar secara virtual, Selasa (13/7/2021).

Kendati demikian, kejadian ini baru terjadi di India. Sebab warganya banyak yang bisa membuat aplikasi. Sekali aplikasi diblokir kemudian muncul lagi dan seterusnya.

"Orang-orang India pintar membuat aplikasi aplikasinya banyak, tutup eh muncul lagi. Mudah-mudahan nggak masuk ke Indonesia. Mudah-mudahan orang Indonesia cukup sadar yang gini tuh cukup banyak masalah ," pungkasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3670 seconds (0.1#10.140)