Maksimalkan Analisis Investasi Saham, Manfaatkan Menu Foreign Transaction di Aplikasi MNC Trade New

Rabu, 23 Juni 2021 - 13:12 WIB
loading...
Maksimalkan Analisis Investasi Saham, Manfaatkan Menu Foreign Transaction di Aplikasi MNC Trade New
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Salah satu data yang dapat menjadi pertimbangan dalam menjual atau membeli suatu saham adalah net buy dan net sell asing. Net buy terjadi jika transaksi beli lebih besar daripada transaksi jual, sementara net sell terjadi jika transaksi jual lebih mendominasi dibandingkan transaksi beli.

Di pasar modal Indonesia, ada investor lokal dan investor asing. Investor asing bisa berupa perorangan maupun institusi yang bukan merupakan warga negara Indonesia (WNI).

Baca juga:Inilah Daftar Kota Termahal di Dunia untuk Ekspatriat, Nomor Satu Bikin Kaget

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Hadibowo mengungkapkan, net buy dan net sell asing digunakan untuk mengukur keyakinan investor asing terhadap pasar atau suatu saham.

Meskipun transaksi investor lokal mulai mendominasi pasar modal Tanah Air, tidak dapat dipungkiri bahwa porsi investor asing terbilang masih cukup banyak jika dibandingkan dengan kepemilikan saham investor lokal.

“Sederhananya, ketika tercatat net buy asing yang besar di suatu saham, maka akan ada kecenderungan saham naik. Sedangkan tercatat net sell asing selama beberapa periode, maka harga saham cenderung akan turun. Perlu dicatat, tentunya indikator teknikal lainnya harus diperhitungkan juga,” jelas Thomas.

Data net sell dan net buy asing, lanjut Thomas, dapat diakses pada menu Foreign Transaction yang terdapat pada aplikasi MNC Trade New. Selain menu Foreign Transaction, Anda juga bisa mengaksesnya melalui menu Stock Price.

Baca juga:Gunakan Selang Oksigen, Peppy Perpapar COVID-19

Ingin belajar lebih jauh tentang investasi saham? Segera daftarkan diri Anda untuk menjadi nasabah MNC Sekuritas dengan membuka rekening saham secara online.

Dapatkan hadiah langsung e-voucher Shopee senilai Rp100.000 untuk Anda yang membuka rekening saham melalui aplikasi MNC Trade New. Informasi selengkapnya: bit.ly/promotraktor2!
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)