Jaringan 5G Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Keuntungan Pakai Ponsel 5G

Sabtu, 19 Juni 2021 - 20:05 WIB
loading...
Jaringan 5G Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Keuntungan Pakai Ponsel 5G
Teknologi 5G menjanjikan kecepatan berselancar lebih cepat dibandingkan 4G yang ada hingga saat ini. Foto/dok
JAKARTA - Indonesia sudah memasuki era 5G. Meski belum masif, tetapi dua operator seluler Tanah Air sudah resmi meluncurkan jaringan 5G pada layanannya di lokasi tertentu.

Teknologi jaringan kelima itu memang hal yang baru di Indonesia. Tak seperti negara-negara besar lainnya, yang sudah menggunakan 5G lebih dulu.

BACA: 3 Alasan untuk Tidak Terburu-buru Membeli Ponsel 5G

Namun, berbagai produsen smartphone yang menyasar pasar Tanah Air sudah lebih dulu menyiapkan produk 5G miliknya.

Hingga saat ini, sudah ada berbagai pilihan merek dan model smartphone dengan dukungan 5G yang bisa dibeli konsumen.



Teknologi 5G menjanjikan kecepatan berselancar lebih cepat dibandingkan 4G yang ada hingga saat ini, serta pendahulunya.

Meski begitu, rasanya tak perlu terburu-buru mengganti smartphone 5G. Sebab, seperti disinggung sebelumnya, layanan 5G belum tersebar secara masif di Indonesia.

BACA JUGA: Waspada Jika Muncul Iklan di Ponsel Anda, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Terlebih, mengingat koneksi 4G saja masih belum merata di Indonesia. Masih ada sejumlah daerah yang sulit menikmati 4G. Maka dari itu, pemerintah terus menggalakkan program pemerataan 4G di Tanah Air.

Di luar hal itu, tetap ada manfaat bagi pengguna smartphone 5G di Indonesia. Berikut ini beberapa keunggulan pengguna smartphone di jaringan 5G.



1. Mengunduh lebih cepat

Seperti disebutkan sebelumnya, 5G menawarkan internet yang lebih cepat dibandingkan 4G. Tentu proses mengunduh pun akan lebih singkat.

Di atas kertas, jaringan 5G diklaim bisa mengunduh file sebesar 10GB hanya dalam durasi sekitar belasan detik. Kemampuan ini disebabkan oleh kinerja jaringan 5G yang dapat menghasilkan tingkat unduh hingga 20Gbps.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE