Startup Ekosis Dorong NTB Kembangkan Agribisnis secara Digital

Senin, 31 Mei 2021 - 18:21 WIB
loading...
Startup Ekosis Dorong NTB Kembangkan Agribisnis secara Digital
Startup agribisnis Ekosis. Foto/dok
JAKARTA - KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Autralia-Indonesia) menggandeng startup agribisnis Ekosis dan Bappenas untuk mendukung pengembangan usaha dan pembiayaan bagi UMKM.

Untuk keperluan tersebut, diadakan workshop bagi UMKM di NTB, khususnya di Lombok Utara dan Sumbawa.

BACA: Lapan Ragu Ada Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi

Menurut Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, terdapat beberapa hasil alam yang potensial untuk dikembangkan di Lombok Utara. Misalnya, cokelat, kopi, cengkeh, dan kacang mede.

Hanya ada berbagai rintangan masih dihadapi oleh pelaku usaha. Di antaranya, distribusi yang sulit, pemasaran produk terbatas, hingga mutu yang perlu terstandarisasi agar berdaya saing. "Hal inilah yang membuat banyak UMKM gulung tikar di masa pandemi," katanya melalui siaran pers, Senin (31/5/2021).



Direktur Pengembangan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas, Ahmad Dading Gunadi menyatakan, UMKM mendominasi jumlah penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Namun produktifitas UMKM masih perlu ditingkatkan karena 90% pelaku UMKM belum memanfaatkan digital sebagai pemasaran.

BACA JUGA: Setelah Facebook Giliran Akun WhatsApp Jurnalis Palestina Diblokir

Untuk mendukung pemasaran, Ekosis menyediakan platform jual beli khusus agribisnis yang memungkinkan UMKM terhubung langsung dengan pembeli secara digital. Pelaku usaha juga dapat mengajukan sertifikasi, konsultasi, ataupun pelatihan agar mutu dan kualitas produk terjamin.

"Selain itu, angkutan logistik maupun cold chain juga dapat langsung dipilih melalui aplikasi atau web Ekosis," ujar Ahmad.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE