Deretan Manfaat Penggunaan 5G dari Kacamata Wishnutama

Senin, 17 Mei 2021 - 07:35 WIB
loading...
Deretan Manfaat Penggunaan 5G dari Kacamata Wishnutama
Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio, melalui akun Instagram miliknya. Foto: Instagram.com/wishnutama
A A A
JAKARTA - Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio, mengatakan bahwa 5G akan menjadi teknologi yang paling transformatif di era ini. Ia percaya teknologi digital, khususnya 5G, akan menjadi game changer bagi bangsa.



Sebab pada penggunaan 4G saja sudah membuat banyak industri, hiburan, media sosial, serta tumbuhnya unicorn, bahkan decacorn baru bermunculan di Indonesia.

Dengan 4G berbagai layanan daring bisa dinikmati dengan mudah. Mulai dari transportasi, pesan makanan, bermain game, belanja, pembayaran.

Selain itu, juga bisa memantau GPS secara realtime, nonton film streaming, meeting menggunakan video conference, digital banking, dan lain-lain.

"Itu baru 4G. Ke depan dengan 5G yang pasti jauh lebih baik, coba bayangkan apa lagi yang bisa kita lakukan," kata Tama, dalam sebuah video di akun Instagram pribadinya, dikutipAhad (16/5).

Tama memaparkan, 5G adalah teknologi wireless generasi kelima yang akan meningkatkan kualitas layanan dan jauh lebih baik dari 4G. Kecepatan koneksi data 5G bisa mencapai 20GB per detik atau kurang lebih 20 kali lebih tinggi dari 4G.

Untuk mengunduh video berdurasi 2 jam, dengan 5G digadang hanya perlu waktu beberapa detik saja.

Waktu tempuh akses layanan data memiliki tingkat latensi rendah atau bisa disebut low latency, yakni hanya sekitar 1 milisecond atau 10 kali lebih rendah dari 4G.

"Kapasitas datanya juga mampu mengakomodasi kepadatan koneksi 10 kali lipat lebih banyak jumlah perangkat dibandingkan 4G untuk cakupan wilayah yang sama," tambah Tama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)