Ramai di Medsos, Bipang Ambawang adalah Makanan Khas Kalimantan

Minggu, 09 Mei 2021 - 08:02 WIB
loading...
Ramai di Medsos, Bipang Ambawang adalah Makanan Khas Kalimantan
Bipang Ambawang dibuat dari babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Foto/Ist.
JAKARTA - Makanan Bipang Ambawang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Jika yang belum tahu, ini adalah makanan khas Kalimantan berupa babi panggang.

Cara mengolahnya tak sembarangan. Bipang Ambawang dibuat dari babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Satu ekor babi tersebut memiliki berat sekitar 10 sampai 20 kg.

BACA JUGA - China Siap Ciptakan Motor Super Cepat Berbahan Bakar Air

Cara membuatnya, Bipang Ambawang dipanggang dengan arang yang membara. Setelah diolah, babi panggang ini memiliki tekstur kulit garing, sedikit lemak, dan daging yang lembut.

Bumbu yang digunakan juga spesial, karena diracik khusus untuk Bipang Ambawang. Penyajian bersama dengan cocolan sambal antuha yang terbuat dari cabai dan terasi pilihan. Selain itu, ada pula cocolan kit iu yang terasa seperti saus asam manis.



Jika sedang berkunjung ke Kalimantan, Kuliner ini merupakan salah satu sajian babi panggang khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.

Ragam kuliner khaa Nusantara memang selalu menggugah selera bagi yang bisa menikmatinya. Tak heran, kuliner juga menjadi salah satu magnet yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE