Bahaya Aplikasi Malware WhatsApp Pink Masih Mengintai, Begini Cara Menghindarinya

Selasa, 04 Mei 2021 - 14:30 WIB
loading...
Bahaya Aplikasi Malware WhatsApp Pink Masih Mengintai, Begini Cara Menghindarinya
Aplikasi malware seperti WhatsApp Pink akan menyusup ke dalam ponsel dan mencuri data pribadi seperti foto, SMS, kontak, dan lain-lain. Foto: ist
JAKARTA - Pengguna WhatsApp harus berhati-hati terhadap link yang disebarkan di dalam grup yang tidak dikenal atau kontak yang asing. Karena bisa jadi itu aplikasi malware WhatsApp Pink.

Sebenarnya WhatsApp Pink sudah ramai dibicarakan sejak akhir April 2021 silam. Saat itu banyak beredar penipuan berupa link yang jika di klik akan mengalihkan pengguna untuk mengunnduh file APK.

BACA JUGA: Idealnya, Harga LSUV Honda N7X Concept Antara Rp270 Juta-Rp310 Juta

Jika di instal, tema atau aplikasi WhatsApp baru berwarna pink atau merah muda tersebut ternyata isinya virus. Dampaknya, akun WhatsApp pengguna akan diambil alih oleh hacker dan mereka akan kehilangan akun WhatsApp mereka.

”Virus ini menyebar di grup WhatsApp dengan link download APK. Jangan klik link apapun dengan nama #WhatsAppPink,” ujar pakar keamanan siber Rajshekhar Rajaharia asal India.



Aplikasi malware seperti WhatsApp Pink akan menyusup ke dalam ponsel dan mencuri data pribadi seperti foto, SMS, kontak, dan lain-lain. Malware juga bisa memonitor semua yang diketik pengguna untuk mencuri password bank.

Berikut adalah cara untuk terhindar dari WhatsApp Pink atau mencurigakan berupa malware atau scam:

1. Hati-hati saat menerima WhatsApp dari kontak yang tidak dikenal. Apalagi, jika mereka menggunakan bahasa Inggris, bahasa Indonesia yang kaku, serta membagikan tautan link tertentu. Segera hapus pesannya!
2. Jangan pernah menginstal aplikasi dalam bentuk APK kecuali dari Google Play Store. Karena tidak ada yang bisa menjamin jika aplikasi tersebut berisi malware atau virus.
3. Selalu skeptis atau curiga ketika ada teman, kerabat, atau rekan kerja tiba-tiba meminta pinjaman uang. Ada kemungkinan akun WhatsApp mereka sudah di hack atau di ambil alih orang lain.
4. Jangan pernah memberi kode apapun ke orang lain. Baik di aplikasi WhatsApp, Gojek, ataupun lainnya. Karena itu adalah bentuk scam yang dilakukan hacker atau peretas.
5. Aktifkan otentikasi 2 faktor di WhatsApp, juga Google dan iCloud. Fitur ini memiliki fungsi untuk melindungi akun dari penggunanya sebanyak 2 lapis dari peretas atau hacker.

Nah, bagaimana cara menghapus WhatsApp Pink jika sudah terinstal?

Langkah 1
Uninstall WhatsApp Pink. Jika ada laptop atau perangkat lain terhubung ke aplikasi WhatsApp Web, secepatnya log out dan hapus.



Langkah 2
Bersihkan cache peramban web yang digunakan dengan masuk ke Setting. Pilih “Clear Catche”.

Langkah 3
Cek izin atau permission dari semua aplikasi. Jika ada yang mencurigakan, segera hapus. Aplikasi WhatsApp Pink bisa tidak muncul setelah di instal. Karena itu agak sulit untuk menemukannya dan melakukan uninstal.

BACA JUGA: Honda N7X Concept Masuk Kategori LSUV, Apakah Honda BR-V Akan Diskontinyu?

Pergi ke Setting. Pilih Apps. Cari aplikasi WhatsApp Pink dan pilih uninstal.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE