Kisah Berdirinya Perusahaan Raksasa Microsoft, dari DOS hingga Windows

Selasa, 04 Mei 2021 - 15:29 WIB
loading...
Kisah Berdirinya Perusahaan Raksasa Microsoft, dari DOS hingga Windows
Bill Gates pendiri Microsoft. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Siapa yang tak kenal Bill Gates? Tokoh dunia ini sempat bertengger di puncak teratas orang terkaya di dunia dengan perusahaan yang ia bangun, Microsoft .

Sampai saat ini Microsoft masih menjadi software yang mendominasi dan dipakai di mayoritas komputer yang ada. Belum ada pesaing kuat dari perangkat lunak tersebut.



Bill Gates mendirikan Microsoft bersama teman masa kecilnya Paul Alen pada 1975 silam. Dua sahabat dari Seattle itu, mengubah BASIC, bahasa pemrograman komputer mainframe yang populer, untuk digunakan pada komputer pribadi (PC), Altair.

Allen bahkan harus berhenti dari pekerjaannya sebagai programmer di Boston dan Gates meninggalkan Universitas Harvard, saat ia masih menjadi mahasiswa untuk bisa fokus pada perusahaan baru mereka.

Tak lama kemudian, Gates dan Allen mendirikan Microsoft , mengambil nama dari kata mikrokomputer dan perangkat lunak.

Beberapa tahun berikutnya, mereka menyempurnakan BASIC dan mengembangkan bahasa pemrograman lainnya.

Pada 1980 International Business Machines Corporation (IBM) meminta Microsoft untuk memproduksi perangkat lunak atau sistem operasi, untuk komputer pribadi pertamanya, IBM PC.



Microsoft membeli sistem operasi dari perusahaan lain, memodifikasinya, dan menamainya MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Kemudian MS-DOS dirilis dengan IBM PC pada tahun 1981.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2909 seconds (0.1#10.140)