Survei: Pandemi, Mayoritas Masyarakat Ingin THR Ditransfer Lewat Uang Digital

Selasa, 27 April 2021 - 06:39 WIB
loading...
Survei: Pandemi, Mayoritas Masyarakat Ingin THR Ditransfer Lewat Uang Digital
Antusiasme masyarakat dalam penggunaan uang digital semakin terlihat ketika hasil riset menunjukkan uang digital terpilih sebagai metode pembagian THR. Foto: dok ShopeePay
JAKARTA - Sebagaian besar masyarakat Indonesia berharap pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) bisa ditransfer lewat uang digital.

Riset yang dilakukan ShopeePay oleh bersama Jakpat Mobile Survey pada 2021 itu memang menemukan berbagai preferensi dan prioritas masyarakat Indonesia. Khususnya di kota-kota besar untuk bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

BACA JUGA: Viral Anak-Anak Sujud Freestyle Free Fire Saat Ibadah, Siapa yang Salah?

Ternyata, antusiasme masyarakat dalam penggunaan uang digital semakin terlihat ketika hasil riset menunjukkan uang digital terpilih sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara yang paling mudah, aman, dan nyaman, khususnya di saat pandemi. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 80%.

Head of Research Jakpat Aska Primardi mengatakan, momen lebaran bisa menjadi peluang untuk mempercepat digitalisasi keuangan. ”Riset yang kami lakukan bersama dengan ShopeePay menunjukkan bagaimana pembayaran digital telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Dari kebutuhan belanja sehari-hari, hingga kebutuhan yang lebih spesifik seperti donasi dan bahkan pembagian THR,” ujarnya.



Dari laporan tersebut, uang digital memang terpilih sebagai metode pembayaran yang paling disukai (80%) untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran.
Selain itu, potongan harga (87%) dan cashback (67%) merupakan promo yang paling dinantikan saat berbelanja.

”Adapun ketika belanja online menjadi favorit untuk berburu kebutuhan Ramadhan dan Lebaran (58%), namun belanja offline tetap diminati (42%),” ujar Aska.

Di sisi lain, Aska mengatakan bahwa makanan dan minuman (94%), kebutuhan masak dan rumah tangga (78%), produk/layanan penunjang kesehatan (58%), pakaian (45%), perawatan diri & kulit (31%), serta kebutuhan hiburan seperti gaming & online streaming (21%) menjadi kebutuhan paling diprioritaskan masyarakat untuk Ramadhan. ”Hasil yang tak jauh berbeda berlaku untuk kebutuhan Lebaran,” ungkapnya.

Selain kebutuhan untuk berbelanja, juga Ramadhan identik untuk berbagi berkah dan kebahagiaan.

Laporan ShopeePay bersama dengan Jakpat mendapati bahwa mayoritas responden mengatakan bahwa bersedekah merupakan prioritas (97%) di bulan suci ini. Lebih dari 60% memilih untuk bersedekah secara online melalui berbagai lembaga terpercaya. ”Tak hanya itu, mayoritas responden (94%) tertarik untuk menggunakan uang digital sebagai alat untuk menyalurkan donasi atau sedekah mereka,” beber Aska.



Survei: Pandemi, Mayoritas Masyarakat Ingin THR Ditransfer Lewat Uang Digital

Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, pihaknya berupaya untuk menciptakan beragam program untuk mengakomodir keinginan masyarakat berdasarkan survei tersebut.

Misalnya, program Transfer THR di mana pengguna berkesempatan mendapatkan ribuan emas. ”Shopee dan ShopeePay menggandeng Rumah Zakat, mitra lembaga donasi dan zakat terpercaya, untuk mengadakan program donasi UMKM Berdaya di Masa Pandemi,” ujarnya.

BACA JUGA: Murah Banget, Paket Bundling Telkomsel dan Lionsgate Play Mulai Rp15 Ribu

Cindy juga menyebut bahwa pihaknya menghadirkan kampanye ShopeePay Big Ramadhan Deals dengan berbagai promo dan cashback yang berlangsung pada 26 April - 11 Mei 2021. ”Kampanye itu terintegrasi secara online dan offline untuk memfasilitasi konsumen berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran serta menikmati momen Lebaran walaupun tanpa mudik,” ujarnya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE