Cara Mudah Agar WhatsApp Anda Tidak Bisa Dibajak

Sabtu, 10 April 2021 - 07:15 WIB
loading...
Cara Mudah Agar WhatsApp Anda Tidak Bisa Dibajak
WhatssApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer setelah era Blackberry. Foto/dok
JAKARTA - WhatssApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer setelah era Blackberry. Namun belakangan, pengguna WhatsApp mula merasa tak nyaman dengan banyaknya kasus pembajakan aplikasi WhatsApp yang digunakan penjahat cyber untuk melakukan penipuan.

Sebenarnya ada beberapa fitur keamanan yang ada di aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan untuk menambahkan keamanan privacy. Fitur ini juga bisa mencegah agar aplikasi WhatsApp anda tidak bisa digandakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan.

BACA: Cara Pakai Video Call WhatsApp dan Desktop

Berikut tips agar akun WhatsApp anda terjaga dari pembajakan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Ubah Pengaturan Privasi



Foto profil yang ada di WhatsApp paling banyak digunakan penipu untuk melancarkan aksinya. Biasanya penipu mengambil foto profil untuk meyakin kobannya agar aksinya lancar.

Agar foto profil kamu tidak bisa diunduh orang asing, kamu bisa melakukan penaturan dengan tap tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Lalu buka Pengaturan WhatsApp> Akun> Privasi dan kemudian pilih opsi yang diinginkan. Dengan begitu, orang asing atau yang tak ada di kontak kamu tidak bisa melihat foto profil kamu.

2. Lakukan Verifikasi Dua Langkah

Untuk menambah keamanan, WhatsApp menyediakan fitur tambahan yakni verifikasi dua langkah. Kamu hanya perlu menambahkan koe PIN yang terdiri dari enam digit agar akun anda tidak dapat diakses oleh pengguna di luar kontak Anda.

Verifikasi dua langkah dapat diaktifkan di fitur pengaturan. Klik pengaturan>Akun>Verifikasi dua langkah>aktifkan. Jika khawatir kamu lupa dengan PIN, kamu bisa menambahkan alamat email untuk berjaga-jaga.



BACA JUGA: Sesuai Diskon PPnBM, Harga Mobil Bekas Vios Ditawar Merosot

3. Kunci Akun WhatsApp

Dalam fitur WhatsApp juga disediakan lock sdik jari pengguna. Ini untuk mencegah agar orang lain tidak bisa mengakses obrolan WhatsApp Anda meskipun orang itu memegang ponsel Anda dalam keadaan tidak terkunci.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE