Gawat, 500 juta Akun LinkedIn Bocor dan Dijual Online

Jum'at, 09 April 2021 - 21:05 WIB
loading...
Gawat, 500 juta Akun LinkedIn Bocor dan Dijual Online
LinkedIn sendiri mengatakan, data tersebut mencakup informasi dari banyak tempat dan tidak semuanya diambil dari jejaring sosialnya. Foto: dok reuters
A A A
JAKARTA - Data pengguna LinkedIn dikabarkan bocor. Adapun sebanyak 500 juta profil pengguna LinkedIn ditemukan dijual secara online di forum peretas.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh CyberNews. Penjualan data itu dilakukan oleh seorang individu yang didapatkan dari aksi peretasan



Temuan CyberNews menyebutkan, dalam sampel 2 juta profil LinkedIn yang dijual online, terlihat ada nama lengkap pengguna, alamat email, nomor telepon, jenis kelamin, dan data lainnya.

LinkedIn sendiri mengatakan, data tersebut mencakup informasi dari banyak tempat dan tidak semuanya diambil dari jejaring sosialnya.

"Kami masih menyelidiki masalah ini, kumpulan data yang diposting tampaknya menyertakan informasi yang dapat dilihat publik yang diambil dari LinkedIn digabungkan dengan data yang dikumpulkan dari situs web atau perusahaan lain," kata juru bicara LinkedIn, dilansir dari The Verge, Jumat (9/4).

Perusahaan jejaring sosial milik Microsoft itu menyebut, tidak ada data pribadi anggota yang disertakan. Artinya, LinkedIn menduga data yang diambil hanya mencakup infomasi yang bisa dilihat di halaman publik seseorang.



LinkedIn juga menyatakan bahwa kejadian ini bukanlah pelanggaran data LinkedIn yang melibatkan ulah hacker menembus sistem perusahaan.

Pihak LinkedIn juga tidak bisa berbuat apa pun bagi pengguna yang datanya dijual di internet.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2401 seconds (0.1#10.140)