3 Cara Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Cahaya Layar Gadget

Senin, 05 April 2021 - 08:05 WIB
loading...
3 Cara Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Cahaya Layar Gadget
Menonton layar tersebut dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada mata dan membuat mereka merasa tegang dan lelah. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Kita sering diingatkan untuk tidak menonton televisi, laptop, dan ponsel dari jarak dekat, karena cahaya yang memancar akan membahayakan penglihatan. Menonton layar tersebut dapat memberi tekanan yang tidak semestinya pada mata dan membuat mereka merasa tegang dan lelah.



Orang yang menghabiskan dua atau lebih jam terus menerus di depan layar memiliki risiko lebih besar terkena ketegangan mata atau sindrom penglihatan. Beberapa gejala umum adalah kelelahan mata, penglihatan kabur, mata kering ini bisa di minimalisir dengan menerapkan beberapa tips berikut :

1. Gunakan Kacamata Pelindung

Sangat penting untuk memakai kacamata yang tepat untuk melindungi diri dari cedera mata. Baik Anda sedang bekerja, mengerjakan proyek perbaikan rumah, atau bermain hoki dengan lingkungan sekitar, selalu kenakan kacamata pelindung atau kacamata pengaman untuk menghindari risiko kontak dengan mata Anda.

2. Selalu Pakai Kacamata Hitam

Belilah kacamata yang layak yang benar-benar akan melindungi mata Anda dari sinar UV matahari. Karena terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak. Carilah kacamata hitam yang 99-100% melindungi dari UVA dan UVB.

3. Ambil Jeda Layar yang Sering

Saat Anda menatap layar gadget, laptop, atau ponsel terlalu lama, Anda mungkin mengalami kelelahan mata, mata kering, nyeri leher dan bahu, serta sakit kepala. Untuk menghindari hal-hal ini Anda harus istirahat layar setiap 20 menit.

(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)