Bahaya Memangku Laptop, dari Nyeri hingga Masalah Kesuburan

Selasa, 30 Maret 2021 - 19:18 WIB
loading...
Bahaya Memangku Laptop, dari Nyeri hingga Masalah Kesuburan
ilustrasi penggunaan laptop. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Laptop merupakan perangkat yang umumnya sangat dibutuhkan bagi masyarakat di perkotaan. Tak hanya pekerja, mahasiwa, bahkan anak sekolah pun menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas atau aktivitas lainnya.

Namun, intensitas penggunaan laptop yang tinggi tak berbarengan dengan pengetahuan penggunaan laptop yang benar. Masih banyak ditemui laptop diakses tanpa menggunakan meja, hanya dipangku mengandalkan paha sebagai tumpuan.

Padahal, memangku laptop merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan, memangku laptop salah satunya bisa menyebabkan masalah punggung.

"Posisi yang tidak ideal dapat menyebabkan nyeri punggung, sampai pundak dan leher. Hal ini diakibatkan terlalu sering membungkuk," jelas Kominfo, melalui akun Twitter resminya, dikutip Selasa (30/3/2021).

Selain itu, memangku laptop juga bisa menyebabkan gangguan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh penggunaan jangka panjang yang mengakibatkan perubahan kondisi kulit menjadi kecoklatan, berbintik, dan menyakitkan.

Tak hanya itu, bagi pria, keseringan memangku laptop dapat memengaruhi kesuburan. "Panas dari laptop dapat memengaruhi kesuburan pria hingga tidak aktif. Hal ini disebut hipertermia skrotum," tandas Kominfo.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)