23 Persen Pengguna Online Selalu beri Izin Akses Mikrofon dan Webcam

Senin, 29 Maret 2021 - 02:02 WIB
loading...
23 Persen Pengguna Online Selalu beri Izin Akses Mikrofon dan Webcam
Ilustrasi sosial Media. FOTO/ IST
JAKARTA - Survei terbaru dari Kaspersky mengungkap hampir seperempat (23%) pengguna online selalu memberikan izin kepada aplikasi dan layanan untuk mengakses mikrofon dan webcam mereka.

Survei dilakukan terhadap 15 ribu orang secara global pada periode September-Oktober lalu.

Izin terbesar datang dari pengguna berusia 25-34 tahun atau sebanyak 27 persen mereka yang selalu mengizinkan akses
tersebut.

Sementara 38% responden berusia 55 tahun ke atas mengungkapkan bahwa mereka tidak pernah memberikan akses seperti itu pada setiap layanan maupun aplikasi.

Kabar baiknya, hasil survei dari perusahaan keamana siber ini diiringi dengan kesadaran keamanan yang cukup tinggi terhadap webcam secara keseluruhan.



Terbukti dengan hampir enam dari sepuluh (59%) khawatir bahwa seseorang dapat mengawasi mereka melalui webcam tanpa disadari, dan 60% mewaspadai bahwa hal ini dapat dilakukan melalui perangkat lunak berbahaya.

Hal ini menunjukkan kemungkinan lebih banyak orang secara proaktif melindungi teknologi mereka di masa depan saat mulai beradaptasi dengan pekerjaan jarak jauh dan peran aplikasi kolaboratif.

"Tentunya, banyak orang yang tidak langsung memahami protokol keamanan terkait dengan penggunaan webcam dan proses keamanan sibernya. Namun, apa yang kami amati sekarang adalah tren positif yang kuat dari peningkatan kesadaran seputar keamanan online dan potensi ancaman," ujar Marina Titova, Head of Consumer Product Marketing di Kaspersky dalam keterangan tertulis, Minggu (28/3/2021).

Untuk merasa lebih aman saat menggunakan webcam, Kaspersky menyarankan cara berikut ini.

- Menggunakan penutup webcam sederhan dan berdedikasi untuk memberikan perasaan tenang dan nyaman saat alat tidak digunakan.
- Gunakan solusi keamanan efektif yang menawarkan perlindungan tingkat lanjut dan
mencakup banyak perangkat termasuk perangkat PC, Mac, Android, dan iOS.
- Menganalisis aplikasi yang saat ini Anda izinkan untuk mengakses kamera web atau
mikrofon, dan hapus izin jika itu tidak relevan.
(wbs)
preload video
Komentar Anda