8 Fakta dan Profil Lengkap Dewa Kipas yang Membuat GothamChess Geram

Sabtu, 27 Maret 2021 - 15:04 WIB
loading...
8 Fakta dan Profil Lengkap Dewa Kipas yang Membuat GothamChess Geram
Dadang Subur merupakan warga Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Mantan pegawai salah satu BUMN. FOTO/ IST
JAKARTA - Dunia Game dan catur baru-baru ini dibikin heboh pemain catur asal Indonesia yang memiliki username Dewa_Catur dengan YouTuber asal Amerika Serikat, GothamChess.

Dewa Kipas berhasil mengalahkan GothamChess di sebuah pertandingan catur online di situs Chess.com. Kemenangannya membuat Dewa Kipas dituduh menggunakan cheat alias bermain curang.

Akun Dewa Catur bahkan diblokir dari situs chess.com Hal itu rupanya mencuri perhatian netizen, hingga sempat jadi trending di Twitter.

Dadang Subur merupakan warga Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Mantan pegawai salah satu BUMN itu mengaku telah mengenal dan bermain catur sejak duduk di bangku SMP. Kepiawainnya bermain catur dia peroleh secara otodidak melalui buku-buku teori catur.

Dadang juga mengaku, sejak mengenal catur, kerap bermain dengan orang dewasa untuk mengasah langkah dan strateginya dalam bermain catur.



"Saya dulu kan belajar dari SMP pertamanya, otodidak. Terus ketemu teman dikasih buku teori, beberapa buku saya pelajari," tutur Dadang Subur mengisahkan awal mula dirinya kenal dengan permainan catur di kediamannya, saat berbincang dengan Tim MNC Portal.

Kenal dan mulai suka dengan catur, Dadang kemudian memutuskan menjadi bagian klub catur Ganesha ITB binaan Dr Kusno, Iis Aisyah, dan Abdurachman.

Artikel ini telah tayang di jabar.inews.id dengan judul " Sosok Dewa Kipas dari Bandung, Pernah Berguru ke Grand Master Catur Indonesia ", Klik untuk baca:

1. Pernah bergabung dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI)

Dadang Subur bukan orang baru dalam dunia catur. Ia pernah bergabung dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Ia sudah aktif bermain catur sejak masih kuliah.



Dadang pernah menjuarai 7 turnamen catur daerah, meski tidak selalu juara 1. Ia juga sering mengikuti turnamen catur di kantor tempatnya bekerja.

Dadang pernah juara 1 kejuaraan catur ke 37 kota Singkawang pada tahun 2005 silam.

2. Terbiasa mencatat tiap langkah dalam pertandingan catur
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE