Jangan Penasaran! Ini Cara Kerja Sebuah Website

Rabu, 24 Maret 2021 - 18:03 WIB
loading...
Jangan Penasaran! Ini Cara Kerja Sebuah Website
Ilustrasi penggunaan aplikasi digital. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Internet sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan di era modern. Berselancar di dunia maya merupakan aktivitas yang mengaksyikkan. Tak hanya menjelajah media sosial, tetapi juga keluar masuk web yang diinginkan.

Tetapi, apakah pernah terpikirkan bagaimana cara kerja web? Sebelum mengetahuinya, harus diketahui dulu konsep dari Clients and Servers.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komimfo) menjelaskan, setiap perangkat elektronik yang terhubung ke internet dari pengguna web dan terdapat aplikasi untuk mengakses web dalam perangkat tersebut, disebut Clients.

"Lalu sebuah komputer yang menyimpan banyak halaman web, situs-situs, atau aplikasi disebut Servers," jelas Kominfo, melalui akun Instagram resminya, Rabu (24/3/2021).

Jadi, halaman web akan diunduh dari server, kemudian dikirim ke perangkat, dan ditampilkan di web browser.

Dalam proses komunikasi antara Clients dan Servers, membutuhkan komponen lain, seperti koneksi internet, Transmission Control dan Internet Protocol (TCP/IP), Domain Name Servers (DMS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), dan Component Files.

"(Misalnya) Domain website seperti http://kominfo.go.id/ sebenarnya terdiri dari angka seperti 63.245.215.20," tandas Kominfo.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)