ByteDance Caplok Pencipta Mobile Legends, Tencent Ketar-ketir?

Selasa, 23 Maret 2021 - 17:55 WIB
loading...
ByteDance Caplok Pencipta Mobile Legends, Tencent Ketar-ketir?
Akuisisi Moonton ini merupakan tambahan penting dalam pertarungan ByteDance melawan Tencent. Moonton diciptakan oleh mantan karyawan Tencent, Xu Zhenhua. Foto/Ist
SHANGHAI - Perusahaan induk TikTok , ByteDance , mengumumkan akuisisi Moonton Technology, studio game yang berbasis di Shanghai, China.

Pencaplokan ini dilakukan melalui unit bisnis video game Nuverse. Sekaligus menjadi keseriusan ByteDance dalam memperluas bisnis di industri video game.

Mahar dari akuisisi Moonton itu kabarnya mencapai angka sekitar USD4 miliar (sekitar Rp57 triliun). Moonton sendiri adalah pembuat game populer Mobile Legends: Bang Bang, yang pada akhir tahun lalu telah melampaui 1 miliar unduhan.

Akuisisi ini dilakukan karena ByteDance ingin membuat terobosan besar dalam bisnis video game. Sehingga menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Tencent China.

"Moonton jelas merupakan pembelian terbaik ByteDance saat ini, baik dalam hal skala atau reputasi di industri," kata Liao Xuhua, analis game Analysys, firma riset pasar yang berbasis di Beijing, dikutip dari South China Morning Post, Selasa (23/3/2021).



"Dalam jangka pendek, Moonton dapat memperkuat bisnis game ByteDance dengan sangat efektif," sambungnya.

Akuisisi Moonton ini merupakan tambahan penting dalam pertarungan ByteDance melawan Tencent. Moonton diciptakan oleh mantan karyawan Tencent, Xu Zhenhua. Dia dipaksa membayar Tencent 19,4 juta yuan (sekitar Rp42 miliar) pada tahun 2018 sebagai kompensasi karena melanggar klausul non-bersaing dalam kontrak dengan mantan bosnya.

Pertarungan Tencent dengan Moonton berlanjut dalam gugatan terpisah di Shenzhen, yang menuduh Mobile Legends melanggar kekayaan intelektual dari judul hit Honor of Kings dan League of Legends.

Kasusnya dibuka pada September 2018, dan Moonton kemudian menyerang hakim dalam surat terbuka, menuduhnya dipengaruhi oleh Tencent. Hingga saat ini belum ada keputusan terkati kasus ini.

Perselisihan antara Moonton dan Tencent tetap menjadi salah satu tuntutan hukum yang paling pelik di industri game China. Akuisisi ByteDance ini sekaligus dinilai akan memperkuat kedudukan Moonton di industri game. Baca juga: Hakim Kabulkan Permohonan Habib Rizieq, Sidang Kerumunan Petamburan Digelar Offline
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE