Hai Gamer, Kini Sudah Ada Televisi Khusus Gaming di Indonesia

Rabu, 17 Maret 2021 - 23:59 WIB
loading...
Hai Gamer, Kini Sudah Ada Televisi Khusus Gaming di Indonesia
Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka mencoba Gameqoo bersama Executive Vice President Divisi Business Service Telkom, Syaifudin, saat mengenalkan smart tv khusus gaming. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sharp Electronics Indonesia memboyong Smart TV Android dengan nilai tambah layanan game cloud gaming . Televisi cerdas ini disebut-sebut bakal membahagiakan para gamer di Tanah Air.

Wabah virus Corona yang menciptakan pembatasan sosial menciptakan tren baru di masyarakat. Melansir data dari Twitter Insight Market pada tahun 2020 lalu, sebanyak 55% Gen-Z dan 59% generasi milenial memilih untuk bermain games sebagai kegiatan pengisi waktu pada masa pandemik.

Perangkat tersebut sebagai jawaban meningkatnya minat pasar games dan kebutuhan edutainment yang berbasis pada teknologi dan internet pada masa pandemik. Untuk diketahui, smart tv dengan kemampuan game cloud gaming itu merupakan hasil kerja bareng PT Sharp Electronics Indonesia dan Telkom Indonesia.

"Saya sangat senang dan antusias sekali dengan kerjasama ini, visi Sharp yang selalu ingin berkontribusi positif terhadap kepuasan pelanggan dapat direalisasikan dengan hadirnya sebuah Smart TV yang dapat menyediakan beragam games streaming yang dapat dimainkan tanpa konsol tambahan,” kata Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka di sela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta.

GameQoo merupakan produk Telkom Indonesia berupa platform layanan streaming untuk bermain game di cloud. Melalui platform ini, gamer dapat memainkan game-game berkualitas dan berlisensi resmi dari berbagai publisher ternama dunia di Smart TV Android Sharp secara optimal tanpa adanya perangkat bantu berupa konsol.

Setiap progress game yang dimainkan di GameQoo otomatis tersimpan di dalam cloud. Hanya dengan log in kembali akun yang sudah diaktivasi di Smart TV Android Sharp, konsumen sudah dapat kembali mengakses dan melanjutkan game yang ingin dimainkan.

Didukung kualitas tampilan gambar yang tajam dan kaya warna dari Smart TV Android Sharp, bermain game menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Guna mendukung keseruan para gamer, permainan pada aplikasi GameQoo dapat menggunakan Joystick Wireless yang dapat dikoneksikan melalui Bluetooth 5.0 yang telah dibenamkan pada Smart TV Android Sharp. Atau melalui penggunaan Joystick yang dikoneksikan melalui kabel karena Smart TV Android Sharp sudah dilengkapi 2 slot USB Type-A.

Aplikasi GameQoo secara ekslusif hanya akan dapat diunduh pada Smart TV Android Sharp melalui Play Store. Kedua mengklaim ini menjadi satu-satunya layanan cloud gaming yang terintegrasi pada sebuah TV di Indonesia.

“Pada tahap awal kerja sama ini, Sharp akan memberikan 10.000 unit voucher berlangganan Gameqoo gratis selama 3 bulan untuk setiap pembelian Smart TV Android Sharp berukuran 42 inci ke atas," ujar Ardy, Head of Marketing AUVI Product Strategy Division.

Pada tahap selanjutnya Sharp akan menyertakan aplikasi GameQoo pada Smart TV Android Sharp, sehingga konsumen tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ini. Mereka bisa langsung dapat menikmati permainan langsung di TV.

"Kami menargetkan kenaikan pangsa pasar sekitar 5% dari program ini," harap Ardy.

Kegiatan penandatangan ini pun dihadiri oleh segenap perwakilan manajemen Telkom Indonesia. Bersanding bersama Shinji Teraoka untuk menandatangani perjanjian kerja sama,

Sementara Executive Vice President Divisi Business Service Telkom, Syaifudin, menyatakan harapannya agar semakin banyak masyarakat Indonesia mengenal Cloud Gaming hasil karya anak bangsa. Sekaligus dapat menikmatinya tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli sebuah konsol tambahan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)