5 Alasan Siswa Harus Bisa Coding dan Programming Menurut Samsung

Senin, 15 Maret 2021 - 11:35 WIB
loading...
5 Alasan Siswa Harus Bisa Coding dan Programming Menurut Samsung
Kecakapan coding dan programming mampu meningkatkan kualitas individual siswa dan juga peluang untuk memasuki dunia kerja. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Ada begitu banyak alasan mengapa coding dan programming penting untuk dipelajari dan dikuasai sejak dini. Mulai keterampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis dan kreativitas, hingga peluang kerja di era teknologi.

Faktanya, hanya 54% angka ketersediaan tenaga kerja terampil yang sesuai kebutuhan perusahaan. ”Kebutuhan tenaga kerja terampil, kreatif, inovatif dan adaptif belum dapat dipenuhi secara optimal,” ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.



Karena itu, Ennita menyebut Samsung mengemas program Samsung Innovation Campus (SIC), mengedepankan pembekalan coding dan programming kepada lebih dari 500 siswa, di lebih dari 17 SMA dan SMK seluruh Indonesia.

5 Alasan Siswa Harus Bisa Coding dan Programming Menurut Samsung

Samsung memberi peluang menguasai soft-skills, yang dilakukan melalui integrasi pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (STEM),” beber Ennita.

Menurutnya, jumlah lulusan STEM di Indonesia masih cukup tertinggal, hanya 0,8 lulusan per 1.000 penduduk. Ennita menyebut kalaupun siswa tidak mengejar karir di bidang IT, pengembangan keterampilan dan proses berpikir melalui pembelajaran coding dan programming dapat mereka bawa ke dalam karir apa pun. Berikut 5 alasan yang dibagikan oleh Samsung:

1. Melatih kemampuan memecahkan masalah
Memahami komputer dan mempelajari dasar-dasar coding membantu siswa menghargai cara kerja berbagai hal, sekaligus mengajari mereka memecahkan masalah dengan logis.

2. Tangguh menghadapi tantangan
Dalam menerapkan coding dan programming, beberapa proses kegagalan harus dilewati. Siswa dapat belajar mengembangkan kemampuanmuntuk memperbaiki apa yang telah mereka kerjakan, sampai hasil tercapai.

3. Mengembangkan kreatifitas
Coding dan programming mengajarkan siswa untuk tidak takut bereksperimen dan percaya diri untuk menjadi kreatif.

4. Membantu belajar STEM
Belajar membuat program dan kode melibatkan banyak keterampilan termasuk mengatur dan menganalisa data, serta matematika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)