Lindungi Keamanan Data Pelanggan, XL Axiata Panggil Pakarnya dari AS

Senin, 08 Maret 2021 - 22:56 WIB
loading...
Lindungi Keamanan Data Pelanggan, XL Axiata Panggil Pakarnya dari AS
XL Axiata menggandeng Helios Data, perusahaan penyedia teknologi keamanan data asal California, AS, dengan menerapkan teknologi Secure Data Sharing. Foto/Ist
JAKARTA - Keamanan data menjadi isu penting di tengah desakan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen menggenjot kemampuan proteksi dan keamanan data pelanggannya, terutama korporasi. Baca juga: Tahun Penuh Tantangan Dijawab XL Axiata dengan Pertumbuhan Solid

XL Axiata pun menggandeng Helios Data, perusahaan penyedia teknologi keamanan data asal California, AS, dengan menerapkan teknologi Secure Data Sharing. Kolaborasi ini relevan dengan transformasi digital yang terus digaungkan perusahaan, di mana seluruh proses bisnis dikembangkan dengan melihat pemanfaatan platform digital yang memungkinkan proteksi data secara sistematis dan menyeluruh.

"Seperti yang kita ketahui, keamanan data pelanggan menjadi hal yang mutlak dalam banyak industri layanan digital, termasuk XL Axiata sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi masyarakat di Indonesia. Kami terus berusaha meningkatkan kemampuan keamanan data pelanggan, dengan harapan segala upaya ini juga akan mampu mendorong terus kepercayaan para pelanggan terhadap layanan kami," kata Director & Chief Information Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Senin (8/3/2021).

Tentunya, lanjut dia, implementasi teknologi dari Helios Data ini juga searah dengan perhatian lebih manajemen atas keamanan data pelanggan. Terkait keamanan data, XL Axiata juga telah memiliki sejumlah sertifikasi yang menggaransi keamanan data pelanggan.

Yessie menjelaskan, perusahaan telah melakukan observasi dan melihat Helios Data mampu memberikan layanan yang dibutuhkan XL Axiata terkait kemanan dan proteksi data pelanggan. Teknologi yang ditawarkan Helios Data terbukti memberikan nilai tambah dalam perlindungan data pelanggan. Kerja sama ini menjadi peluang bagi perusahaan untuk memperkenalkan, sekaligus menyakinkan pelaku bisnis dari berbagai sektor di Indonesia terkait jaminan keamanan data.



Helios Data memberikan solusi untuk memastikan keamanan terhadap semua aktivitas yang berkaitan dengan monetisasi data bisnis. Proteksi ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi XL Axiata dan patnernya dalam mengelola proses bisnis secara digital.

XL Axiata sebagai penyedia layanan telekomunikasi dapat melakukan proteksi penuh terhadap data pelanggan dan partner bisnisnya. Sementara itu, pelanggan, dalam hal ini partner bisnis XL Axiata, dapat memercayakan keamanan datanya untuk dikelola secara professional dan terhindar dari penyalahgunaan data.

"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Data Privacy Protection, Helios Data menawarkan solusi terkait Secure Data Sharing yang dibangun di atas teknologi Constrained Protected Domain (CPD) yang telah dipatenkan dan berbasis pada Teknologi Network Security dan Confidential Computing," tutur CEO of Helios Data, Fei Zou.

Solusi ini kemudian diadopsi perusahaan yang mengedepankan teknologi berkualitas dalam menjaga keamanan data pelanggannya seperti yang dilakukan XL Axiata. Pihaknya sangat antusias dapat bermitra dengan XL Axiata sebagai perusahaan yang terus mengedepankan pemanfaatan teknologi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya.

Hingga saat ini, keamanan data pelanggan kerap kali menjadi tantangan bagi sebagian perusahaan di Indonesia. Algoritma keamanan belum mampu memberikan proteksi secara menyeluruh.



Dengan menggunakan platform yang dimiliki Helios Data, proteksi terhadap data pelanggan yang dikelola suatu perusahaan dapat dilakukan secara real time. Beberapa keunggulan lain dari teknologi proteksi data atau trusted computation yang ditawarkan Helios Data antara lain real time trackable, real time verifiable, dan real time protection. Baca juga: Kasus Virus B117 Bertambah, Menkes: 4 Lagi yang Terkonfirmasi
(iqb)
preload video
Komentar Anda