Terungkap, karena Alasan Ini Xiaomi Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:10 WIB
loading...
Terungkap, karena Alasan Ini Xiaomi Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat
CEO sekaligus pendiri Xiaomi, Lei Jun, menegaskan, perusahaannya tidak punya hubungan dengan militer AS. Mereka juga mengedepankan keamanan data pengguna teknologinya. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Laporan mengungkap alasan mengapa Amerika Serikat (AS) memasukkan Xiaomi ke dalam daftar hitam perdagangannya pada bulan Januari lalu. Cuma gara-gara penghargaan!

Untuk diketahui pada bulan Januari lalu, tepat sebelum pemerintahan AS berganti dari Presiden Donald Trump ke Joe Biden, pabrikan China di AS, Xiaomi, masuk dalam daftar hitam. Padahal perusahaan itu digadang-dagang bakal menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia memanfaatkan kejatuhan Huawei.

Investor AS sampai sekarang dilarang berinvestasi di perusahaan. Sedangkan bagi mereka yang sudah memiliki investasi di Xiaomi harus melepaskan diri dari kepemilikan ini selambat-lambatnya tanggal 11 November 2021.

Saham Xiaomi sendiri diperdagangkan melalui Over The Counter Pink Sheets dalam bentuk American Depository Receipts (ADR). Sahamnya ditutup pada Jumat lalu di kisaran USD15,34 per saham, turun 25% sejak daftar hitam diumumkan.

Xiaomi masuk daftar hitam oleh Departemen Pertahanan AS bersama dengan delapan perusahaan China lainnya karena dugaan hubungan dengan militer China. Setelah artikel diunggah, media menerima pernyataan resmi dari Xiaomi.

"Perusahaan telah mematuhi hukum dan beroperasi sesuai dengan hukum dan peraturan yurisdiksi yang relevan tempat menjalankan bisnisnya. Perusahaan menegaskan kembali bahwa ia menyediakan produk dan layanan untuk penggunaan sipil dan komersial. Perusahaan mengonfirmasi bahwa ia tidak dimiliki, dikendalikan, atau berafiliasi dengan militer China, dan bukan 'Perusahaan Militer Komunis China yang ditentukan di bawah NDAA. Perusahaan akan mengambil tindakan yang sesuai tindakan untuk melindungi kepentingan Perusahaan dan pemangku kepentingan kami," kata Xiaomi, seperti disebutkan Phone Arena.

Kemarin, Wall Street Journal mengutip pengajuan hukum yang dibuat dengan Departemen Pertahanan AS, pihak yang menjalankan laporan yang mengklaim mengungkapkan alasan sebenarnya untuk daftar hitam Xiaomi. Laporan itu, mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun atas jasanya kepada negara (China) adalah alasan mengapa di hari-hari terakhirnya, Pemerintahan Trump memutuskan untuk memanggil Xiaomi.

Lei adalah salah satu dari 100 eksekutif di China yang menerima penghargaan sebagai "Pembangun Sosialisme yang Luar Biasa dengan Karakteristik China" pada 2019. Xiaomi mempromosikan penghargaan yang tercantum di halaman biografi eksekutif di situs web perusahaan dan laporan tahunan Xiaomi.

Pengajuan hukum juga menyebutkan investasi Xiaomi dalam teknologi canggih termasuk 5G dan kecerdasan buatan. Xiaomi sendiri mencoba menggunakan pengadilan untuk menghapus daftar hitam dan telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik AS di Washington.

Departemen Pertahanan AS menanggapi dengan pengajuannya sendiri yang mencakup laporan tentang penghargaan yang diberikan kepada Lei Jun. Penghargaan Lei diberikan oleh MIIT China, ini adalah lembaga pemerintah yang mengawasi kebijakan negara terkait teknologi dan kebijakan industri.

Departemen Pertahanan AS, mengatakan, badan ini mengelola "fusi sipil-militer" China. Di bawah program ini, China bekerja dengan bisnis swasta untuk menciptakan teknologi bagi militer.

Telah ada pembicaraan selama bertahun-tahun tentang Xiaomi yang menjual handsetnya di AS. Saat ini, merek menawarkan produk terbatas di negara bagian termasuk power bank dan pelacak kebugaran Mi Band yang populer dapat dibeli di AS melalui Amazon. Mantan Wakil Presiden Xiaomi Hugo ,Barra mengatakan, pada 2016 bahwa perusahaan pada akhirnya akan menjual handsetnya di AS.

Pemerintah AS sendiri menjadi jauh lebih dingin dalam hubungannya dengan perusahaan teknologi China, di luar OnePlus.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)