Samsung Catat Rekor Kecepatan 5G hingga 5,23Gbps

Jum'at, 05 Maret 2021 - 11:05 WIB
loading...
Samsung Catat Rekor Kecepatan 5G hingga 5,23Gbps
Teknologi EN-DC memungkinkan operator seluler menggunakan jaringan 4G untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan 5G. Foto/Ist
A A A
SEOUL - Situs resmi Samsung kemarin mengumumkan bahwa perusahaan telah membuat terobosan baru dalam kecepatan data 5G menggunakan teknologi E-UTRAN New Radio Dual Connectivity (EN-DC). Baca juga: RI Masih Bicara Tender, Jumlah Pengguna 5G di Dunia 3,5 Miliar di 2026

Teknologi EN-DC memungkinkan operator seluler menggunakan jaringan 4G untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan 5G. Siaran pers menunjukkan dalam demonstrasi yang dilakukan oleh Laboratorium Samsung di Korea Selatan, perusahaan berhasil menggabungkan spektrum 4G 40MHz dan spektrum gelombang milimeter 5G 800MHz, sehingga kecepatan data perangkat terminal tunggal mencapai 5,23Gbps.

Dalam demonstrasi tersebut, Samsung menggunakan solusi ujung ke ujung komersialnya termasuk peralatan terminal dan produk jaringan. Ini termasuk smartphone Samsung Galaxy S20, pemancar 4G, pemancar 5G, dan jaringan inti universal 4G/5G.

Teknologi EN-DC memungkinkan maksimalisasi jaringan 4G dan 5G untuk meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan keandalan jaringan. Teknologi ini juga memanfaatkan agregasi operator.

“Melalui demonstrasi ini, Samsung bangga telah mencapai rekor terobosan lain dalam kecepatan data 5G. Demonstrasi ini menyoroti kemampuan hebat yang dapat diberikan kepada satu pengguna dengan menggunakan jaringan ganda 4G dan 5G secara bersamaan,” kata Wakil Presiden Bisnis Jaringan Samsung Ji-Yun Seol.

“Ini memperkuat komitmen kami untuk memberikan solusi 5G terbaik kepada pelanggan dan akan membantu kami terus mendukung operator seluler dalam menyediakan layanan 5G kepada pengguna,” ujarnya.

Kepala Analis GlobalData Ed Gubbins mengatakan, operator seluler perlu memanfaatkan sepenuhnya aset spektrum terbatas mereka untuk memastikan bahwa pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang memberikan nilai penuh 5G.

"Demonstrasi ini mendemonstrasikan penggunaan jaringan inti, RAN, dan peralatan terminal oleh Samsung. Solusi produk ujung ke ujung membantu operator memaksimalkan kapabilitas unik laba atas investasi 5G,” katanya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)