Hati-Hati! Ini Cara Antisipasi Penipuan Berkedok Tautan Pendek seperti Bit.ly

Rabu, 03 Maret 2021 - 14:19 WIB
loading...
Hati-Hati! Ini Cara Antisipasi Penipuan Berkedok Tautan Pendek seperti Bit.ly
Ilustrasi Hacker. FOTO/ IST
JAKARTA - Dunia digital tak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga memunculkan dampak negatif. Tak sedikit kejahatan yang memanfaatkan dunia digital untuk mencari keuntungan pribadi.

Hingga saat ini kejahatan seperti penipuan di dunia digital terus terjadi. Salah satunya menggunakan tautan pendek seperti bit.ly yang menyematkan informasi tidak benar.

Masyarakat yang aktif di dunia digital tentu tidak asing dengan tautan tersebut. Tautan bit.ly biasanya dibagikan di media sosial maupun media lainnya.

BACA JUGA- Bos Pelindo II Blak-blakan Soal Merger, Bakal Banyak PHK?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menegaskan bahwa tautan serupa bisa saja merupakan phising. Cara ini sering kali digunakan penjahata dunia maya untuk mendapatkan data pribadi korbannya.



Agar tidak tertipu dengan tautan sejenis, Kominfo menyarankan untuk mencari informasi dari situs berita terpercaya atau situs resmi dari lembaga tersebut.

Kemudian, pastikan tidak membuka tautan tidak jelas itu sama sekali. Terakhir, menanyakan langsung kepada pihak terkait, seperti perusahaan/lembaga yang namanya digunakan.

BACA JUGA- DPR Minta Erick Thohir Cermati Plus Minus dari Merger Pelindo

"Contohnya seperti yang sekarang marak beredar, pendaftaran kuota gratis dari Kominfo. Jangan sampai kalian terpancing untuk membukanya apalagi mengisinya," tulis Kominfo melalui akun Twitter resminya, Rabu (3/3/2021).
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE