Hastag #SelangkahLebihHijau Sambut Hari Peduli Sampah Nasional 2021

Rabu, 24 Februari 2021 - 22:20 WIB
loading...
Hastag #SelangkahLebihHijau Sambut Hari Peduli Sampah Nasional 2021
Tampak dialog online bertajuk New Ways of Shopping: Rethink & Reuse" untuk memperkenalkan berbagai inisiatif penanganan sampah yang didesain oleh Super Indo. Foto/Ist
JAKARTA - Super Indo mengadakan kampanye besar dengan hastag #SelangkahLebihHijau demi menuju bisnis yang ramah lingkungan . Kampanye juga dikhususkan untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah sehari-hari, serta berlaku bijak dalam penggunaan kemasan dan kantong plastik sekali pakai. Baca juga: Mengerikan, Lingkungan dan Biota Laut di Selat Madura Terpapar Mikroplastik

Kampanye tersebut diumumkan saat gelaran dialog online bertajuk “New Ways of Shopping: Rethink & Reuse” dalam menyambut ari Peduli Sampah Nasional 2021. Di saat yang sama, Super Indo juga meluncurkan produk ramah lingkungan terbaru yakni “Kantong Segar 365”. Kantong ini sebagai alternatif pengganti roll plastic ketika pelanggan berbelanja produk segar seperti sayur, buah, dan telur di gerainya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R). Super Indo selalu menekankan pada penerapan perilaku ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah di semua lini operasi kami," kata Johan Boeijenga, Chief Executive Officer Super Indo dalam dialog online tersebut, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, sambung dia, kampanye ini juga sebagai bentuk dukungan Super Indo kepada pemerintah. Ini bentuk komitmen dan perwujudan dari pengelolaan sampah berkelanjutan di bisnis ritel melalui pelaksanaan ekonomi sirkular.

Menurut Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, gerainya, perusahaan percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau dibakar di insinerator. Karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencemaran lainnya.



"Sampah ini juga memberi kita kesempatan untuk mencari solusi dengan melibatkan masyarakat, dengan menciptakan inovasi terbaru dalam menangani sampah, dan yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat,” tuturnya.

Sejalan dengan Super Indo, Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), mengatakan, kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik. “Jadi konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Di samping itu konsumen juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik,“ kata Tulus.

Di kesempatan yang sama, Tiza Mafira, Executive Director Gerakan Indonesai Diet Kantong Plastik (GIDKP), menjelaskan, plastik sekali pakai sering kita timbulkan dalam keseharian dan dampak sampahnya terhadap lingkungan sangat mengkhawatirkan. Konsumen perlu diberi pilihan-pilihan yang bisa digunakan ulang.

"Super Indo sudah mengambil peran penting untuk bertindak lebih dari yang diwajibkan aturan, memberi pilihan tas buah dan sayur yang bisa digunakan ulang dan menggantikan roll plastic," ujarnya. Baca juga: Patah Kaki, Tiger Woods Terancam Tamat Karier Golfnya
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE