Kamera Selfie 100 Megapiksel Lebih segera Hadir di Smartphone

Rabu, 17 Februari 2021 - 07:53 WIB
loading...
Kamera Selfie 100 Megapiksel Lebih segera Hadir di Smartphone
Rumor menyebutkan publik seluler segera akan melihat kamera selfie 100 MP di smartphone. Foto/Phone Arena
JAKARTA - Resolusi kamera tinggi biasanya hanya menyangkut kamera utama yang ada pada bodi belakang, tapi sekarang kamera selfie juga akan mengadopsi hal yang sama. Tidak tanggung-tanggung, resolusinya mencapai 100 MP lebih. Baca juga: Selfie Jungkook BTS jadi Trending Topic, Netizen Langsung Tahu Merek Tempat Tidurnya

Ya, rumor menyebutkan publik seluler segera akan melihat kamera selfie 100 MP di smartphone. Hal ini dibocorkan berharga akun Weibo, Digital Chat Station.

Kepraktisan dari solusi semacam itu patut dipertanyakan. Sebab kamera selfie modern di atas sekitar 40-48 MP sudah dianggap lebih dari cukup untuk hampir semua skenario.
Kamera Selfie 100 Megapiksel Lebih segera Hadir di Smartphone

Dengan produsen yang berjuang untuk menawarkan pengalaman tampilan edge-to-edge yang sebenarnya, akan menjadi langkah mundur untuk mencoba dan memasang sensor yang lebih besar di bagian depan.

Phone Arena menyebutkan, Samsung telah memperkecil ukuran sensor 108 MP-nya dengan memilih ukuran piksel yang sedikit lebih kecil -0,7nm vs 0,8nm di generasi sebelumnya. Dengan melakukan ini, perusahaan Korea dapat mengurangi ukuran keseluruhan sensor sebesar 15%, dan juga membuat modul kamera baru menjadi 10% lebih pendek.

Apakah sensor 108 MP ini cocok untuk kamera selfie? Mungkin tidak.



Kita telah melihat kamera selfie hebat dengan jumlah piksel sekecil 8-16 MP (Pixel, iPhone), jadi meningkatkan jumlah piksel sambil mengecilkan ukuran piksel itu sendiri agak sia-sia. Anda akan mendapatkan kamera selfie performa rendah cahaya yang sangat jelek, dan selain itu: siapa yang akan mencetak poster dari foto selfie?

Ya, ada teknologi pintar yang menggabungkan beberapa piksel menjadi satu dalam proses yang disebut pixel binning, tetapi ini benar-benar seperti berputar-putar- mengecilkan piksel dan menambah jumlahnya, lalu menggabungkannya menjadi piksel "virtual" yang lebih besar.

Kamera selfie 100+ MP ini terdengar hebat di atas kertas dan mungkin itulah tujuannya -aksi public relation sederhana. Baca juga: Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE