Aplikasi WhatsApp Palsu Mengintai Pengguna Ponsel Apple

Jum'at, 05 Februari 2021 - 19:48 WIB
loading...
Aplikasi WhatsApp Palsu Mengintai Pengguna Ponsel Apple
Ilustrasi Hacker. FOTO/ Ist
TORONTO - Tim peneliti keamanan siber dari Universitas Toronto, Citizen Lab, bersama tim dari Motherboard, mengungkapkan keberadaan aplikasi WhatsApp palsu di perangkat iOS.

BACA JUGA - Tak Rela Semua Penduduk Bumi Kaya Raya, NASA Bersiap Keruk Habis Psyce16

Melansir dari Gadget360, Jumat (5/2/2021), aplikasi palsu itu diketahui diciptakan oleh perusahaan pengintai asal Italia bernama Cy4Gate, dan mengincar pengguna tertentu.

Cara kejahatannya adalah dengan menipu korban untuk menginstal fail konfigurasi tertentu yang ada di gawai buatan Apple. Kemudian, peretas menyusup dan mengumpulkan informasi milik korbannya.



Informasi yang bisa didapat oleh peretas antara lain Unique Device Identifier (UDID) dan nomor IMEI perangkat.

Aplikasi WhatsApp palsu di iOS ini mulai muncur ke permukaan, setelah perusahaan keamanan ZecOps, mencuitkan serangkaian serangan yang terdeteksi masuk lewat aplikasi perpesanan instan.

Menurut Motherboard, WhatsApp palsu di perangkat Apple ini sengaja diciptakan untuk mengumpulkan informasi tentang korban, dan kemudian mengirimkannya kembali ke peretas.



Baca juga: COVID-19 di Kabupaten Bogor Meningkat, Ade Yasin: Mungkin Masyarakat Jenuh

Untuk menipu korbannya, penjahat siber ini menyertakan logo WhatsApp dan grafik yang tampak sangat profesional. Mereka juga memberikan instruksi kepada pengguna, tentang cara menginstal fail konfigurasi di gawan Apple agar menginstal aplikasi palsu tersebut.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE