Mengejutkan, Jeff Bezos Siap Mundur dari CEO Amazon Tahun Ini

Rabu, 03 Februari 2021 - 11:30 WIB
loading...
Mengejutkan, Jeff Bezos Siap Mundur dari CEO Amazon Tahun Ini
Jeff Bezos mengundurkan diri dari jabatan CEO Amazon yang sukses membuat dia jadi salah satu orang terkaya di dunia. Foto/IST
A A A
CALIFORNIA - Jeff Bezos, CEO dan pendiri Amazon, hari ini mengumumkan bahwa dia berencana untuk mundur sebagai CEO tahun ini.

Di kuartal 3 2021, Bezos akan beralih sebagai Ketua Eksekutif dewan Amazon, di mana Andy Jassy akan mengambil alih posisi CEO. Jassy telah menjadi CEO Amazon Web Services sejak April 2016 dan mendirikan bisnis tersebut pada tahun 2003.

"Dalam peran Ketua Eksekutif, saya bermaksud untuk memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal," tulis Bezos dalam sebuah surat kepada karyawan Amazon, dikutip dari Engadget, Rabu (3/2/2020).

“Andy terkenal di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir sama dengan saya,” lanjut Bezos dalam suratnya.

Dari surat itu, sepertinya Bezos bermaksud menggunakan waktu yang dia miliki di luar menjalankan operasi sehari-hari Amazon untuk fokus pada hal lain, termasuk Day 1 Fund, the Bezos Earth Fund, Blue Origin,The Washington Post, dan hobinya yang lain.

Meskipun mengundurkan diri dari CEO Amazon, Bezos mengatakan ia belum akan pensiun.

CEO Amazon yang dipilih Andy Jassy memang nama yang terkenal seperti Bezos, tetapi sebagai pemimpin AWS, dia sudah bertanggung jawab atas bagian terpenting dari bisnis Amazon.

Bezos sendiri telah menjadi sosok pemimpin yang kontroversial dalam beberapa tahun terakhir, karena perusahaannya mendapat kecaman di berbagai bidang.

Paling utama adalah perlakuan terhadap pekerja Amazon di pusat distribusi perusahaan, apalagi semakin memburuk selama pandemi COVID-19.

Ada juga banyak kekhawatiran antitrust, tidak mengherankan dengan perusahaan besar yang merupakan kekuatan dominan di begitu banyak bagian pasar yang berbeda.

Namun di bawah kepemimpinan Bezos, Amazon juga menjadi salah satu perusahaan paling sukses di dunia, berkembang dari penjual buku online menjadi pengecer internet paling dominan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3225 seconds (0.1#10.140)