Deretan Aplikasi yang Sebaiknya Digunakan jika Melek Keamanan Privasi

Selasa, 02 Februari 2021 - 21:02 WIB
loading...
Deretan Aplikasi yang Sebaiknya Digunakan jika Melek Keamanan Privasi
Ilustrasi pengguna WhatsApp. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ada berbagai aplikasi perpesanan yang bisa beredar saat ini. WhatsApp tentu menjadi salah satu yang paling populer di antara daftar tersebut. Tetapi belakangan Telegram dan Signal perlahan mulai menanjak.

BACA JUGA - Ternyata, Bayaran Rossi pakai duit Rakyat Indonesia


Namun, isu keamanan masih menjadi konsentrasi terhadap aplikasi-aplikasi serupa. Memilih aplikasi yang tepat demi menjaga privasi data sepertinya belum terlalu mendapat perhatian.

Lembaga SAFEnet menyarankan beberapa kriteria aplikasi ideal yang harus dimiliki sebuah aplikasi perpesanan, yakni bersifat kode sumber terbuka (open source), terpercaya (teraudit), mature (stabil, dengan komunitas pengguna yang banyak dan pengembang yang responsif).

Selain itu, aplikasi juga harus user-friendly dalam penggunaan dan tampilan, multi-bahasa dengan dukungan lokalisasi bahasa, multi-platform (lintas OS seperti Mac, Windows, Linux, Android), dan terdapat dokumentasi aplikasi.

Dalam hal aplikasi perpesanan singkat, kurangnya privasi dan keamanan nyata pada layanan nama besar, telah mengakibatkan hadirnya pengembangan aplikasi perpesanan singkat yang baru dan lebih menghargai privasi dan keamanan.

"Perkembangan Ini bertujuan untuk menyediakan komunikasi yang benar-benar aman, bukan klaim saja," tulis SAFEnet melalui laman resminya, dikutip pada Selasa (2/2/2021).

Hingga pertengahan tahun 2021 ini, sudah banyak aplikasi yang cukup bisa dipertimbangkan untuk menggantikan aplikasi “ mainstream ” yang telah ada.

Hampir sama dalam semua hal tentang keamanan digital, karakteristik yang harus ada dalam aplikasi pesan yang aman adalah bebas dari ketergantungan pada perusahaan teknologi besar, terenkripsi penuh (E2EE), dukungan multi-platform, komunikasi multi-mode (suara, teks, video, apa pun), dan fitur-fitur tambahan yang membantu pengguna.

Dari sederet aplikasi perpesanan singkat yang ada, SAFEnet telah memeriksa privasi dan keamanan aplikasi pesan singkat yang digunakan oleh warganet. Namun ingatlah, tidak ada yang 100% aman.

"Yang kami periksa ini didasarkan hasil penilaian sewaktu yang hasilnya dapat berubah sewaktu-waktu seiring dengan perkembangan teknologi dan perbaikan dari aplikasi tersebut," tegas SAFEnet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)