Tambah Lapisan Keamanan, WhatsApp Hadirkan Fitur Autentikasi Biometrik

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:01 WIB
loading...
Tambah Lapisan Keamanan, WhatsApp Hadirkan Fitur Autentikasi Biometrik
Lapisan keamanan baru pada aplikasi Web dan desktop ini akan berguna ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer.
A A A
JAKARTA - WhatsApp mengumumkan tambahan lapisan keamanan di platformnya. Lapisan keamanan baru pada aplikasi Web dan desktop ini akan berguna ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer.

"Hari ini, kami memperkuat fitur keamanan untuk aplikasi Web dan desktop dengan menambah lapisan keamanan ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer mereka," tulis pihak WhatsApp dalam keterangan pers, Kamis (28/1).



Sebelum memindai kode QR untuk menyinkronkan akun WhatsApp ke perangkat baru, pengguna yang telah mengaktifkan autentikasi biometrik di ponsel akan diminta untuk melakukan autentikasi wajah atau sidik jari.

Baca Juga: Malware Berbahaya Kembali Ancam Pengguna Android

Fitur keamanan baru ini hanya akan berfungsi pada ponsel yang mendukung otentikasi biometrik, seperti di iOS 14 ke atas dan sejumlah perangkat Android yang sudah kompatibel, dan ketika pengguna sudah mengaktifkan autentikasi biometrik pada ponsel mereka.

"Kami memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari. Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web/desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai kode QR, " terang WhatsApp.

Tambah Lapisan Keamanan, WhatsApp Hadirkan Fitur Autentikasi Biometrik

Tambahan lapisan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan teman atau rekan kerja pengguna untuk menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan mereka.

WhatsApp menghadirkan fitur ini untuk memperkuat fitur keamanan yang telah ada, yaitu memunculkan notifikasi saat ada yang login di WhatsApp Web/desktop serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang dapat digunakan kapanpun.

Autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna diklaim WhatsApp otomatis akan terlindungi oleh sistem keamanan privasi sehingga pihak WhatsApp sendiri tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.



WhatsApp akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan antar perangkat bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa minggu mendatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)