Awas Ada Malware yang Menyebar Lewat Pesan WhatsApp

Rabu, 27 Januari 2021 - 17:14 WIB
loading...
Awas Ada Malware yang Menyebar Lewat Pesan WhatsApp
Logo WhatsApp. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Belum lama ini ditemukan virus jahat malware yang menyebar ke kontak lain melalui pesan WhatsApp yang berkedok seperti kampanye adware.



"Malware ini menyebar melalui WhatsApp korban dengan secara otomatis membalas setiap pemberitahuan pesan WhatsApp yang diterima dengan tautan ke [sebuah] aplikasi berbahaya Huawei Mobile," kata peneliti ESET Lukas Stefanko, seperti dikutip dari The Hacker News, Rabu (27/1/2021).

Malware ini menyerang pengguna Android yang di janjikan ponsel gratis dengan mengunduh aplikasi Huawei Mobile gratis lewat link yang disediakan. Saat link diklik, pengguna diarahkan ke situs yang mirip seperti Google Play Store.

BACA JUGA - Ketakutan Pembuat Boeing 737 Soal Sistem Otomatis Pesawat Terkuak

Secara khusus, malware i ni memanfaatkan fitur balas cepat WhatApp - yang digunakan untuk menanggapi pesan masuk langsung dari pemberitahuan - untuk mengirim balasan ke pesan yang diterima secara otomatis.
Baca Juga: Catat! Ini Cara Tangkal dan Verifikasi Hoaks yang Beredar di Medsos

Selain meminta izin untuk membaca notifikasi, aplikasi juga meminta akses mengganggu di latar belakang serta menarik aplikasi lain, yang berarti aplikasi tersebut dapat menutupi aplikasi lain yang berjalan di perangkat yang dapat digunakan untuk mencuri kredensial dan informasi sensitif tambahan.
Baca Juga: Pendapatan Layanan Cloud Microsoft Alami Peningkatan 50% karena Pandemik

Dalam versi terbarunya, kode malware itu hanya bisa mengirim pesan otomatis ke kontak WhatsApp namun tak menutup kemungkinan ke depannya fitur ini bisa diperbaharui oleh pengembang malware untuk mengakses aplikasi pertukaran pesan lainnya yang memiliki fitur quick reply.

Meskipun pesan hanya dikirim satu kali per jam ke kontak yang sama, konten pesan dan tautan ke aplikasi diambil dari server jarak jauh, hal ini meningkatkan kemungkinan malware dapat digunakan untuk mendistribusikan situs web dan aplikasi berbahaya lainnya.

"Saya tidak ingat membaca dan menganalisis malware android yang memiliki fungsi seperti ini untuk menyebar sendiri melalui pesan WhatsApp ," tuturnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)