Libur Nataru, Pengguna Aplikasi Mobile Game Meningkat 80%

Rabu, 06 Januari 2021 - 10:00 WIB
loading...
Libur Nataru, Pengguna Aplikasi Mobile Game Meningkat 80%
Penggunaan game seperti Garena Free Fire meningkat sebesar 80 persen di libur Nataru. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Selama libur dan natal tahun baru (Nataru), operator seluler 3 Indonesia mencatat adanya peningkatan pengguna internet secara keseluruhan sebesar 15 persen. (Baca juga : Makin Keren, Honda GL1800 Gold Wing Baru Dapat Speaker Baru )

Selain itu, penggunaan game seperti Garena Free Fire meningkat sebesar 80 persen dalam periode tersebut. Hal itu disebabkan oleh banyaknya pelanggan 3 yang menghabiskan libur akhir tahun di rumah saja.

“Dengan adanya pembatasan sosial selama perayaan natal dan tahun baru, para pelanggan kami menjadi lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses hiburan online, seperti mobile games," ujar Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung dalam keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021).

Selain Garena Free Fire, 3 Indonesia juga mencatat empat aplikasi lainnya yang mengalami lonjakan penggunaan saat natal dan tahun baru dibandingkan dengan hari biasa.

Misalnya penggunaan aplikasi pesan instan Whatsapp yang meningkat sebesar 20%. Sementara, penggunaan media sosial Tiktok, Instagram, dan Facebook meningkatkan sebesar 13%.

Pada jam-jam sibuk malam tahun baru, yaitu antara pukul 20.00 WIB pada 31 Desember 2020 hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2021, banyak dari pengguna 3 yang menggunakan internet untuk melakukan panggilan video melalui WhatsApp, bermain mobile games serta mengakses media sosial.

Sebelum terjadi peningkatan penggunaan data, 3 Indonesia telah melakukan optimasi jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian. (Baca juga : Mengejutkan, Tesla Kalah di Surga Mobil Listrik Dunia )

Selain itu, 3 Indonesia juga telah menyediakan sejumlah Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626). Antisipasi tersebut telah dilakukan untuk mendukung kebutuhan para pengguna akan kualitas internet selama libur natal dan tahun baru.

"Di tengah masa yang sangat menantang ini, 3 Indonesia juga telah menambah 6.000 BTS 4,5G Pro di seluruh Indonesia, dan kami juga mendapatkan tambahan frekuensi 10MHz di pita frekuensi 2300MHz,” tutup Desmond.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)