Ini Prediksi Tren Keamanan Siber di Sektor Pendidikan di 2021

Rabu, 30 Desember 2020 - 15:05 WIB
loading...
Ini Prediksi Tren Keamanan Siber di Sektor Pendidikan di 2021
Risiko keamanan siber di sektor pendidikan harus menjadi perhatian khusus di 2021.
A A A
JAKARTA - Sebuah terobosan di dunia pendidikan terjadi tahun ini, ketika sekitar 1,5 miliar siswa tidak dapat bersekolah secara fisik akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, sistem pendidikan di seluruh dunia mengalami perubahan yang signifikan.

Para pengajar dipaksa menguasai berbagai platform baru, seperti Zoom , tanpa kehilangan kualitas pendidikan walaupun mengajar dari jarak jauh.

Digitalisasi pendidikan kemungkinan masih akan terus berlanjut, dan ini bisa menjadi hal yang baik sekaligus buruk.
Baca Juga: TikTok
Di sisi lain, banyak dari alat pendidikan digital baru ini tidak hanya meningkatkan pengalaman baru dalam pendidikan, tetapi juga memperkenalkan ancaman baru.

Berikut menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky beberapa potensi risiko terbesar yang dapat terjadi di sektor pendidikan di tahun mendatang:

1. Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System) Pendidikan.
LMS memungkinkan pengajar untuk melacak proses pembelajaran siswa,
menunjukkan perkembangan mereka dan aspek yang membutuhkan perhatian dari pengajar.



Faktanya, kekhawatiran terbesar dan terdekat saat ini adalah mengenai privasi. Mengelola privasi di layanan apa pun membutuhkan klarifikasi dari pengguna, tetapi banyak pengguna. terutama anak-anak yang tidak tahu cara mengontrol setelan privasi dengan tepat.

Selain itu, akan ada banyak layanan yang menyediakan alat untuk mengatur proses pendidikan secara online, dan para pengajar kemungkinan besar akan menggunakan lebih dari satu.

Akibatnya, untuk setiap alat dalam setiap kasus para pengajar perlu memberikan perhatian khusus tidak hanya untuk melindungi informasi pribadi mereka sendiri, tetapi juga data siswa mereka.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)