Fitur Anti-Pelacakan Muncul di iOS 14.4 Beta, Facebook Meringis

Minggu, 27 Desember 2020 - 23:12 WIB
loading...
Fitur Anti-Pelacakan Muncul di iOS 14.4 Beta, Facebook Meringis
Pengguna iPhone yang memperbarui perangkatnya ke iOS 14.4 Beta 1 mulai menerima petunjuk yang menanyakan, apakah mengizin aplikasi melacak ke mana mereka pergi di dunia maya. Foto/Phone Arena
A A A
CUPERTINO - Facebook dan Apple bertolak-belakang ketika bicara privasi data pribadi. Sekarang, fitur yang dikhawatirkan Facebook akan datang ke sistem operasi terbaru perangkat Apple, iOS 14.4 Beta . (Baca juga: iOS 14 Sudah Diadopsi 26,82% Pengguna iPhone )

Phone Arena melaporkan, setelah versi stabil pembaruan telah disebarluaskan, pengguna iOS akan menerima petunjuk dari aplikasi tertentu yang meminta izin untuk melacak kunjungan mereka ke situs dan aplikasi lain. Data ini dikumpulkan oleh aplikasi seperti Facebook dan digunakan untuk mengirim iklan yang disesuaikan ke pengguna iOS.

Iklan ini mendatangkan banyak pendapatan bagi perusahaan, seperti Facebook. Karena mereka ditargetkan dan perusahaan pengiklan lebih meraup penghasilan dari penjualannya.

(Baca Juga : Begini Tren Editing Foto di Instagram Sepanjang 2020 Menurut Oppo)
Pekan lalu, Facebook menerbitkan iklan satu halaman penuh di beberapa surat kabar kota besar yang menuduh Apple merugikan bisnis kecil dengan fitur barunya. Menurut AppleInsider, pengguna iPhone yang telah memperbarui perangkat mereka ke iOS 14.4 Beta 1 sudah mulai menerima petunjuk yang menanyakan apakah mereka memberikan izin kepada perusahaan seperti Facebook untuk melacak ke mana mereka pergi di internet.

Sebagian besar pengguna iOS diharapkan tidak memberikan izin untuk dilacak. Karena hal itu akan menjadi serangan terhadap privasi mereka dan dapat mengakibatkan peningkatan besar dalam jumlah iklan yang diterima.

Seorang pengguna yang menjalankan iOS 14.4 beta mem-posting gambar permintaan izin yang bertuliskan, "Izinkan 'NBA' untuk melacak aktivitas Anda di aplikasi dan situs web perusahaan lain? Data Anda akan digunakan untuk memberi Anda pengalaman iklan yang lebih baik dan dipersonalisasi".

Ada dua kemungkinan tanggapan untuk dipilih: "Minta Aplikasi untuk Tidak Dilacak" atau "Izinkan". Meskipun muncul pada iOS 14.4 beta, versi stabil dari pengembangannya diharapkan bisa debut pada awal tahun depan. (Baca juga: Ini Juara MasterChef Indonesia Season 7 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)