5 Cara Melindungi Data Pribadi di Ponsel

Rabu, 09 Desember 2020 - 15:25 WIB
loading...
5 Cara Melindungi Data Pribadi di Ponsel
ilustrasi coding data pengguna mobile. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tak dapat dipungkiri bahwa ponsel yang kita gunakan sehari-hari menyimpan sejumlah besar data pribadi, seperti layanan perbankan, foto pribadi, bahkan tak jarang digunakan untuk menyimpan nomor-nomor identitas. ( )

Artinya penting untuk menjaga informasi pribadi tersebut agar tetap aman. Apalagi sekarang kasus kebocoran data semakin sering terjadi.
( )

Berikut SINDOnews rangkum dari Business Insider, Rabu (9/12/2020), beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan agar data di smartphone Anda tidak terjamah oleh tangan-tangan nakal.

Pilih aplikasi yang aman untuk komunikasi

Menggunakan aplikasi aman yang menerapkan teknik seperti enkripsi untuk melindungi data dapat mengurangi kemungkinan penyusup mengintip percakapan Anda.

Enkripsi adalah proses yang membuat informasi tampak tidak dapat dipahami saat ditransfer dari pengirim ke penerima, hal ini meningkatkan kemungkinan hanya pihak yang dituju yang dapat melihat pesan teks atau email yang dikirim.

Lakukan update versi terbaru

Jangan lupa untuk memastikan bahwa ponsel Anda menjalankan versi paling aman dan terbaru dari Apple iOS atau sistem operasi Google Android.

Itu karena pembaruan sistem operasi terkadang menyertakan perbaikan untuk kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker.

Batasi akses aplikasi ke perangkat dan informasi pribadi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)