Mau Jualan Online? Ini Cara Kirim Barang di Perusahaan Logistik

Rabu, 09 Desember 2020 - 05:17 WIB
loading...
Mau Jualan Online? Ini Cara Kirim Barang di Perusahaan Logistik
Untuk memperlancar penjualan online, para penjual daring harus pintar-pintar mencari jasa pengiriman barang yang sesuai kebutuhannya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di masa mewabahnya virus Corona , bisnis online menjadi jalan keluar agar dapur tetap ngebul dan menjaga diri dari COVID-19. Supaya bisnis lancar, penjual online pemula, harus pintar memilih jasa pengiriman barang atau logistik. (Baca juga: Belanja Online Meningkat Pesat, Jokowi Emoh Banjir Barang Impor )

Sebab, sekarang ini ada banyak layanan jasa ekspedisi yang siap membantu pedangan online mengantarkan barang pesanan pelanggannya sampai ke rumah konsumen dengan aman. Mulai dari JNE , Kantor Pos , J&T, SiCepat dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara penjual online pemula memilih perusahaan ekspedisi atau logistik secara aman dan cepat? Untuk itu, kami mencoba memberikan solusinya via artikel ini. (Baca juga: Harga Enggak Mahal Banget, Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro Goyang Indonesia )

Proses pengiriman barang dimulai dengan cek ongkir, packing pesanan, menulis alamat yang benar, menyerahkan ke jasa ekspedisi sampai mengecek status pengiriman. Sebagai pedagang online, Anda harus memahaminya itu semua.

Anda juga harus memilih jenis layanan di masing-masing ekspedisi. Apakah mau menggunakan jasa ekspres atau regular?

Buat yang baru berjualan online dan mengharuskan mereka mengirim barang ke suatu daerah, di bawah ini langkah mudah mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi:

1. Cek Ongkos Kirim
Setiap ekspedisi menawarkan biaya yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu mengecek di website resminya terlebih dahulu. Ada yang menawarkan biaya terjangkau dan lumayan mahal.

Cara cek ongkir JNE, J&T, SiCepat dan sebagainya tidak perlu datang langsung ke kantor. Cukup mengklik website resmi atau situs cek ongkir yang ada di internet. Atau, sebagai alternatifnya kalian bisa kunjungi cekpengiriman.com untuk mengetahui ongkos kirimnya. (Baca juga: Manusia Tengah Berada di Zaman Keemasan Misi Ruang Angkasa )

Misalnya, ingin mengetahui ongkir JNE. Maka, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
- Buka website cekpengiriman.com dan pilih opsi Domestik
- Pilih area kecamatan atau kota dan masukan asal pengiriman dan tujuan pengiriman paket Anda
- Pada kolom Berat, isi dengan estimasi bobot barang yang akan dikirim dalam satuan gram
- Kemudian klik Cek Ongkir
Secara otomatis Anda bisa melihat rincian ongkir. Ada beberapa estimasi ongkos kirim berdasarkan kecepatan pengiriman.

2. Mengemas Barang yang Ingin Dikirim
Jika biaya ongkos kirim sudah diketahui, sekarang saatnya mengemas barang. Pastikan kita mengemas barang semaksimal mungkin dan aman. Adapun cara mengemas barang yang baik dan benar harus memenuhi tiga syarat berikut. Yaitu, lapisi barang menggunakan plastik, bungkus dengan kertas koran, dan gunakan buble warp beberapa lapis agar keamanannya lebih terjamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4017 seconds (0.1#10.140)