Beberapa Cara Mudah untuk Mengonversi File ke PDF

Sabtu, 05 Desember 2020 - 22:25 WIB
loading...
Beberapa Cara Mudah untuk Mengonversi File ke PDF
Dikembangkan oleh Adobe Systems, PDF adalah replika yang tepat dari file apapun yang ingin digandakan. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Portable Document Format (PDF) merupakan format file standar untuk suatu dokumen. Dikembangkan oleh Adobe Systems , PDF adalah replika yang tepat dari file apapun yang ingin digandakan.(Baca juga: Lomba Sosmed Berbasis Software Simulasi Bakal Digelar Pertama Kali di Indonesia )

Isi dokumen di PDF bisa berupa foto, file teks, halaman web, desain grafis, halaman pengolah kata, atau screenshot. Selain itu, file PDF juga dapat dilindungi dengan kata sandi dan memiliki fitur pengeditan atau pencetakan yang dibatasi oleh pembuat dokumen.

Ada beberapa cara mengkonversi sebuah file menjadi PDF, bahkan bisa dilakukan melalui smartphone. Berikut cara-cara tersebut, dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (5/12/2020).

Situs Web
Mengubah format ke PDF yang paling mudah adalah menggunakan cara daring. Banyak situs di internet yang menyediakan layanan menjadikan file dari Word atau JPG menjadi PDF, begitupun sebaliknya. Situs yang bisa digunakan antara lain www.smallpdf.com dan www.ilovepdf.com.

WPS Office
Di App Store telah tersedia aplikasi WPS Office. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah file lain menjadi PDF. Di dalamnya juga ada cukup banyak pilihan template yang bisa digunakan sebagai format dan latar belakang file PDF tersebut.

Windows
Sebenarnya menyimpan file PDF langsung dari Microsoft Office juga bisa dilakukan. Caranya buka menu file > save as > pilih format PDF > simpan. Jangan lupa pada menu opsi, pastikan pilihan Tag struktur dokumen akseibilitas tercentang.

MacOS
Selain di Windows, menyimpan format PDF juga bisa melalui perangkat Mac buatan Apple. Caranya Pilihfile>save as (atau tekan Command + Shift + S) > pilih format PDF > simpan.

Pastikan tombol radio "terbaik untuk distribusi dan aksesibilitas elektronik (menggunakan layanan daring Microsoft)". Fungsinya agar PDF diberi tanda. (Baca juga: Susunan Pemain Sevilla vs Real Madrid: Benzema Jadi Starter )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)