Mitsubishi Ditugaskan Mengusir Drone yang Berseliweran di Langit Jepang

Selasa, 24 November 2020 - 16:30 WIB
loading...
Mitsubishi Ditugaskan Mengusir Drone yang Berseliweran di Langit Jepang
ilustrasi Drone. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Mitsubishi Heavy Industries (MHI) meminjam teknologi jet tempurnya untuk mengendalikan lusinan drone komersial hingga 1.000 km yang terbang di langit Jepang.



Seperti dilansir dari Xedong, Pencapaian terkini dinilai sangat penting karena teknologi standar saat ini hanya bisa mengendalikan drone yang dikendalikan dalam jarak beberapa kilometer.



Pembuat mesin industri bertujuan untuk meluncurkan sistem pada Maret 2022. Menurut MHI, teknologinya bukan untuk penggunaan militer. Melainkan akan digunakan untuk mengendalikan cuaca dan mencegah bencana. Selain pemantauan kabel listrik dan telekomunikasi.

Jet tempur dan kapal selam MHI mampu mengontrol pergerakan mereka sendiri. Selain mengikuti instruksi dan memberi tahu secara otomatis jika terjadi sesuatu yang tidak normal.

Adaptasi teknologi ini ke dalam sektor komersial akan digunakan untuk menjamin koneksi internet, sehingga mampu mengontrol penerbangan drone yang dapat mencapai kecepatan angin hingga 30 meter per detik.

Sistem tersebut memungkinkan seorang penjaga di Tokyo untuk memindahkan drone ke Tanegashima, sebuah negara kepulauan di provinsi paling selatan Jepang.

MHI juga berencana meluncurkan layanan analisis data pada Maret 2026.

Ini akan memanfaatkan gambar yang diambil oleh drone dan kecerdasan buatan (AI), menerapkan teknologi berbasis pertahanan serta memanfaatkan kemampuan pemrosesan citra satelit.

Ketika maskapai penerbangan dan bisnis terkait terpengaruh, MHI menargetkan penjualan 10 miliar yen dengan mengadaptasi teknologi pertahanan untuk penggunaan sektor swasta.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2690 seconds (0.1#10.140)